REAKTUALISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MADRASAH IBTIDAIYAH/SEKOLAH DASA

  • Muhammad Affan M.Pd.I IAIN LANGSA

Abstract

Kemunduran moral dan etika yang  terjadi dalam berbagai aspek kehidupan, menjadikan sebuah pekerjaan rumah bagi setiap sekolah untuk memperbaiki sistem pendidikan madrasah terutama sekolah umum. Fenomena ini memunculan wacana menerapkan pendidikan karakter yang di anggap sebagai formula tepat dalam menanamkan serta menumbuhkan karakter anak bangsa yang baik dan mulia. Dalam persfektif pendidikan Islam nilai-nilai pendidikan karakter yang dibangun untuk MI/SD adalah penyucian jiwa dan ibadah, cinta ilmu bermanfaat,  kesederhanaan, solidaritas,  sikap lemah lembut, syukur,  dan tawakal.  Pendidikan karakter di sekolah juga sangat terkait dengan manajemen atau pengelolaan sekolah. Maka diperlukan upaya manajerial yang baik pada konteks ini, bagaimana pendidikan karakter direncanakan (planning), dikelola (organizing), dilaksanakan (actuating), dan dikendalikan (evaluation).

Published
Oct 1, 2017
How to Cite
M.PD.I, Muhammad Affan. REAKTUALISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MADRASAH IBTIDAIYAH/SEKOLAH DASA. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 16-39, oct. 2017. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/220>. Date accessed: 18 aug. 2018.