Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangai oleh masih rendahnya/kurang baiknya disiplin belajar siswa. Dukungan orang tua merupakan salah satu faktor yang diduga mempengaruhi disiplin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kontribusi dukungan orang tua terhadap disiplin belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX Mts Al Washliyah Kolam yang berjumlah 437 siswa,  Adapun sampel 209 siswa yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen dukungan orang tua, teman sebaya, dan disiplin belajar siswa, yang menyatakan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa,  (1) secara rerata gambaran dukungan ornag tua dan disiplin belajar berada pada kategori tinggi, (2) terdapat kontribusi dukungan orang tua terhadap  disiplin belajar sebesar 10,2% (R= 0.312, signifikansi 0.000).

Keywords

Disiplin Belajar Dukungan Orangtua

Article Details

How to Cite
Sahputra, D., & Hutasuhut, D. H. (2019). Kontribusi Dukungan Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 35-39. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i1.1216

References

  1. Amri, Sofan. (2013). Pengembangandan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  2. Syahrul, Ayu. (2016).“Kontribusi Keharmonisan Keluarga dan Hubungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling”. Tesis. Tidak diterbitkan Universitas Negeri Padang: Padang.
  3. Imron, Ali. (2012). Manejemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Moedjiarto. (2001). Sekolah Unggul: Metodologi untuk Meningkatkan Mutu.
  5. Santrock, J.W. (2009). Psikologi Pendidikan: Educational Psychology. Terjemahan oleh Achmad Chusairi dan Duda Damanik. Jakarta: Kencana.
  6. Saragi, Muhammad Putra Dinata, Mega Iswari, Mudjiran. (2016). Kontribusi Konsep Diri dan Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Belajar Siswa serta Implikasi dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konselor. Vol 5. No.1 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/6477.