PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENGATASI TREND LGBT (LESBIAN, GAY, BISEXUAL, DAN TRANSGENDER) DI SMA NEGERI 1 ACEH TAMIANG

  • Sabrida M. Ilyas Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Langsa

Abstract

Penelitian ini ditulis untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk perilaku  trend LGBT peserta didik yang ada di SMA negeri 1 Aceh Tamiang , bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku trend LGBT ini,   bagaimana pelaksanaan konseling realitas berbasis Al-Hikmah dan mengapa konseling realitas berbasis Al-Hikmah menjadi alternative dalam mengatasi perilaku trend LGBT peserta didik di SMA Negeri 1 Aceh Tamiang. Untuk mencari jawaban permasalahan diatas penulis menggunakan metode penelitian  deskriptif kualitatif dan subjek dan objek dalam penelitian ini adalah , guru bimbingan dan konseling dan siswa  yang terindikasi berperilaku trend LGBT . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Gambaran bentuk  prilaku trend LGBT yang ada pada siswa  lebih kepada mengikuti prilaku  transgender  atau gangguan identitas gender dan  tidak ditemukannya  mengikuti prilaku   lesbian, gay, dan  biseksual, (2) Peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku trend LGBT dengan mengenali peserta didik yang mengalami masalah, memahami jenis masalah, pelaksanaan bantuan dengan konseling individu dan konseling kelompok dengan mengunakan  metode konseling realita berbasis al-Hikmah   dan  evaluasi  berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 12, 2018
How to Cite
ILYAS, Sabrida M.. PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENGATASI TREND LGBT (LESBIAN, GAY, BISEXUAL, DAN TRANSGENDER) DI SMA NEGERI 1 ACEH TAMIANG. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 59 - 77, sep. 2018. ISSN 2622-8920. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/enlighten/article/view/516>. Date accessed: 13 dec. 2018.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times