Main Article Content
Abstract
Alquran hadis adalah salah satu bagian dari rumpun Pembelajaran pendidikan agama Islam yang bertujuan agar siswa dapat menginternalisasikan nilai-nilai agama Islam dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah dalam penggunaan discovery inquiry, problematika yang dihadapi guru dan upaya guru pelajaran Alquran Hadis dalam mengatasi masalah dalam penggunaan metode discovery inquiry.
Pelaksanaan pembelajaran Alquran Hadis dengan pendekatan discovery inquiry dilakukan dengan Guru memberikan rangsangan kepada siswa tentang fenomena yang terjadi di masyarakat yang berkaitan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari, Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahaan dan dikaitkan dengan materi yang sedang dipelajari, Guru menyuruh siswa memikirkan,Siswa mengumpulkan data-data yang terkait dengan pertanyaan/ permasalahan yang diberikan guru, Siswa dapat memberikan pernyataan atau menarik kesimpulan terhadap permasalahan yang diberikan guru. Problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran Alquran Hadis dengan pendekatan discovery inquiry adalah kurangnya kesiapan mental siswa, Siswa sudah terbiasa dan terlena dengan metode tradisional, kurangnya fasilitas belajar dan lamanya waktu yang diperlukan. Upaya guru Alquran Hadis dalam mengatasi masalah dalam penggunaan pendekatan discovery inquiry adalah: memberikan petunjuk teknis tentang metode Discovery Inquiry, mengkondisikan dan mengawasi kegiatan pembelajaran, mengarahkan siswa berpikir yang realistis, menyiapkan fasilitas belajar siswa, dan memberikan batasaan waktu kepada siswa.