Main Article Content

Abstract

Ilmu pengetahuan yang diajarkan dalam kehidupan diharapkan dapat membantu manusia dalam menjalankan segala aktifitas yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Islam merupakan sebuah agama yang  mengatur kehidupan manusia untuk mencapai kebahagian dunia dan akhirat. Untuk mencapai kesejahteraan itu manusia selain dibekali Allah dengan akal pikiran juga diberikan wahyu yang berfungsi untuk membimbing perjalanan hidupnya. Melalui kemajuan ilmu pengetahuan, umat Islam pernah mengalami kejayaan peradaban beberapa abad pada masa yang lalu. Pada hakikatnya bahwa ilmu agama dan ilmu umum adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, namun pada kenyataannya, ilmu agama dan umum sudah lama terdikotomi sehingga menyebabkan tergesernya peradaban Islam di dunia.

Keywords

Problematika, Ilmu Pengetahuan, Islam

Article Details

How to Cite
Syah, F. (2023). Problematika Ilmu Pengetahuan dalam Islam. Az-Zarnuji: Journal of Islamic Education, 1(1), 49-65. https://doi.org/10.32505/az-zarnuji.v1i1.5620

References

  1. Ahmad Baso, 2006. NU Studies, Pergolakan pemikiran antara Fundamentalisme Islam dan Fundamentalisme Neo-Liberal. Jakarta: Erlangga.
  2. Azyumardi Azra, 1995. Essei-Essei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos
  3. Azyumardi Azra, 2014. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
  4. Azyurmardi Azra, 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, rekonstruksi dan Demokratisasi Cet. I: Jakarta: Buku Kompas.
  5. Hasbi Indra, 2005. Pendidikan Islam Melawan Globalisasi. Jakarta: Ridamulia.
  6. https://serikatnews.com/rekonstruksi-pendidikan-islam-integritas-ilmu-dan-agama
  7. https://tafsirweb.com/12867-quran-surat-al-alaq-ayat-1.html
  8. M. Quraish Shihab, 1998. Wawasan al-Qur’an, Bandung: Mizan.
  9. Samsul Nizar, 2007. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.
  10. Ibnu Katsir, 2007. Tafsir Juz ‘Amma min Tafsir Al-Qur’an Al ‘azhim. Jakarta: Pustaka Azzam.
  11. Zainil Abidin Bagir dkk, 2005. Integrasi Ilmu dan Agama, Interpretasi dan aksi, Bandung: Mizan.
  12. Zuhairini, et al., 1995. Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.