Main Article Content

Abstract

Pendidikan Islam adalah pengembangan akal manusia dan penata kehidupan dalam tingkah laku serta emosional dalam agama Islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah yang menjadi sumber dasar Agama Islam. Selain mempunyai tujuan keilmuan, Pendidikan Islam juga mempunyai tujuan untuk menjadikan manusia sebagai pemimpin yang dapat melaksanakan tugasnya sebagai kholifah fil ardi dengan baik dan tidak menyalahi Qodratnya sebagai makhluk Allah yang sempurna dengan akalnya. Pelaksanaan pendidikan dalam Islam harus memperhatikan beberapa rambu-rambu penting yaitu: Prinsip-prinsip, Metode, Pendekatan-pendekatan serta Evaluasi. Dalam uraian tulisan ini penulis akam membahas beberapa bagian penting terkait dengan prinsip, metode dan pendekatan-pendekatan yang digunakan untuk terlaksananya pendidikan dalam rangka mempersiapkan anak didik untuk memakmurkan dan menjadi khalifah atau pemimpin di muka bumi.

Article Details

How to Cite
Fithriani, F. (2023). Pendidikan Islam (Suatu Kajian Teoritik Mengenai Prinsip, Metode, Pendekatan dan Evaluasi Pembelajarannya). Az-Zarnuji: Journal of Islamic Education, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.32505/az-zarnuji.v1i2.7615

References

  1. Wikipedia, Prinsip dalam https://id.m.wikipedia.org/wiki/Prinsip diakses tanggal 29/09/2018 pukul 20:11
  2. Kurniawan, Syamsul. 2016. Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: ombak
  3. Arief. Armai. 2002. Pegangtar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: ciputat pers
  4. Arifin.M, 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
  5. E. Rusdiana, Q. Violinda, C. Pramana, R. Y. Purwoko, D. D. Chamidah, N. Rahmah, et al., "College students’ perception of electronic learning during COVID-19 pandemic in Indonesia: A cross-sectional study", J. Higher Educ. Theory Pract., vol. 10, no. 13, pp. 29-44, Oct. 2022.
  6. Fakhrurrazi. Peranan Dayah Salafiyah Dalam Pengembangan Budaya Religius. Disertasi Jurusan PAI. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2022.
  7. Fakhrurazi, (2017). Penerapan Metode Card Sort Dalam Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an Hadits. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 87 - 101.
  8. Puwanto, Ngalim. 1965. Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya
  9. Departemen pendidikan dan kebudayaan, 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  10. Ramayulis, 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia