Main Article Content

Abstract

Kajian keislaman  di Ma'had Al-Jami'ah kampus IAIN Langsa dimulai pada tahun 2013 sejak berdirinya ma’had. Banyak orang tua yang menginginkan anaknya tetap tinggal di Ma'had dengan harapan agar anaknya menjadi pelajar yang aktif dan berguna bagi masyarakat sekitar. Namun pada kenyataannya masih banyak juga mahasiswa Ma'had yang masih menyia- nyiakan waktunya selama di Ma'had dikarenakan kurang efektifnya pembelajaran di Ma'had sehingga mahasiswa akan cepat merasa jenuh dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran studi Islam di Ma'had Al-Jami'ah IAIN Langsa ditinjau dari gaya belajar dan keefektifan pembelajaran ma'had mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program studi Islam di Ma'had Al-Jami'ah Langsa telah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum dan silabus yang telah ditentukan. Pelaksanaan program studi Islam dengan ini dilaksanakan setiap malam senin dan malam jumat mulai pukul 20.00 sampai dengan 22.00. Proses pelaksanaan dimulai dengan pembelajaran sholat, evaluasi pembelajaran, kemudian penyampaian kajian tauhid dan fiqih menggunakan kitab kuning, laptop, dan power point di masjid Az-Zawiyah hingga waktu yang telah ditentukan yaitu pukul 22:00 WIB. Pencapaian target pembelajaran prodi studi Islam di Ma'had ini juga telah ditentukan, yaitu setiap mahasantri harus mampu memahami pembelajaran tauhid dan fiqih di Ma'had Al-Jami'ah IAIN Langsa. Hal ini terlihat dari hasil ujian mahasantri yang dilakukan pada setiap akhir semester yang diujikan langsung dengan ustadz. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa program studi Islam di Ma'had efektif.

Article Details

How to Cite
Dwi Rizki, A., Mahyiddin, & Nurhanifah. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kajian Keislaman di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Langsa. Az-Zarnuji: Journal of Islamic Education, 1(2), 51-67. https://doi.org/10.32505/az-zarnuji.v1i2.7617

References

  1. Abduh, 1996.Risalah Tauhid, (diterjemahkan oleh Firdaus AN), Jakarta: Bulan Bintang,
  2. Badrun, dkk. (2022). Principal Leadership Strategies In Shapeing Student Personality In Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Mataram, jurnal Pendidikan bahana: Vol 11, No 2. DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2.117573
  3. Djam’an Satori dan Aan Komariah, 2017.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta,
  4. E. Mulyasa, 2004.Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya,
  5. HM. Ridlwan Hambali, dkk. (2022). Islamic Religious Education Teachers’ Strategies in Fostering Students’ Religious Values in Madrasah, Jurnal Pendidikan Al-Ishlah: Vol. 14. No. 4 (2022).
  6. DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2612
  7. Imam Gunawan, 2013.Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Mahmud Yunus, 1979.Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia Jakarta: Mutiar,
  9. Nana Sudjana, 2000.Dasar–Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo,
  10. M. Djunaidi Ghony, 2012.Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,
  11. M. Djunaidi Ghony, 2012.Metode Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,
  12. Sowiyah, 2016. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Yogyakarta: Media Akademik,
  13. Yusran Asmuni, 1996. Ilmu Tauhid, Jakarta: RakaGrafindo Persada, Muhammad

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'