Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran dan karakteristik kepribadian pendidik Muslim dalam filsafat pendidikan Islam. Fokus utama penelitian ini adalah menganalisis bagaimana prinsip-prinsip filsafat pendidikan Islam membentuk dan memengaruhi perkembangan kepribadian pendidik Muslim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka untuk meneliti secara mendalam aspek-aspek penting yang membentuk kepribadian pendidik dalam konteks pendidikan Islam.Selain itu, penelitian ini melihat bagaimana kepribadian pendidik berdampak pada siswa dan lingkungan pendidikan. Hal ini dibahas secara menyeluruh bagaimana pendidik melaksanakan tugas mereka sebagai pembimbing moral dan teladan. Sebagai orang yang dapat diandalkan dan dicontoh oleh muridnya, pendidik bertanggung jawab untuk mempertahankan sikap dan tingkah laku mereka. Ini dimaksudkan untuk mencegah pendidik terjerumus ke dalam sikap atau perbuatan yang merendahkan atau menghilangkan martabatnya.Terakhir, penelitian ini memberikan saran untuk kemajuan lebih lanjut dalam konteks kepribadian pendidik Muslim. Dengan memahami dasar filsafat pendidikan Islam, pendidik diharapkan dapat lebih baik menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka. Diharapkan bahwa hal ini akan berkontribusi positif terhadap pembentukan sifat peserta didik dan memberikan landasan yang kuat untuk kemajuan masyarakat.

Article Details

How to Cite
Irda Sukma Murni Telaumbanua, & Azizah Hanum OK. (2024). Kepribadian Pendidik Muslim dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Az-Zarnuji: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-28. https://doi.org/10.32505/az-zarnuji.v2i1.7865

References

  1. Achmad Juntika Nurihsan, Achmad, Yusuf, Syamsu. (2019). Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Al-Ghazali, Abu Hamid. (2010). Ayyuhal Walad, cet. 4. Beirut: Darul Basyair al-Islamiyah.
  3. Al-Ghazali, Abu Hamid. (2005) Ihya ‘ulumuddin. Mesir: Darul Ghad al-Jadid.
  4. Al-Rasyidin. (2002). Falsafah Pendidikan Islami Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Praktik Pendidikan. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.
  5. Al-Syaibany, Umar Muhammad Al-Toumy. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
  6. At-Thabari, Yazid ibn Katsir ibn Ghalib al-Amali, Muhammad ibn Jarir ibn, Abu Ja’far (2000). Jami’ al-Bayan Fi Ta’wilil Quran. cet. 1. Beirut: Muassasah ar-Risalah.
  7. Amirudin, Noor. (2018). Filsafat Pendidikan Islam. Kulon Gresik: Caremedia Communication.
  8. Amsal, Bakhtiar. (2012). Filsafat Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo.
  9. Anggraeni, Vilman Dewi. (2012). Etika Kepribadian. Bogor: IPB Press.
  10. Azhari Yahya, Iman Jauhari, Darmawan (2020). Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  11. Aziz, Abdul. (2019). Materi Dasar Pendidikan Islam. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
  12. Dhaif, Syauqi. (2004). Al-Mu’jam al-Wasith, cet. 2. Kairo: Maktabah Syuruq ad-Dauliyyah.
  13. Fahrisi, Ahmad. (2020). Kecerdasan Spiritual Dan Pendidikan Islam. Indonesia: Guepedia.
  14. Faizahisme. (2021). Nilai Nilai Pendidikan Islam Dalam Buku Debat Vs Non Islam Karya Dr. Zakir Naik. Indonesia: Guepedia.
  15. Firmansyah, Muhammad Hendra. (2021). Pengantar Filsafat Ilmu. Jawa Timur: Anggota IKAPI.
  16. Harisah, Afifuddin. (2018). Filsafat Pendidikan Prinsip dan Dasar Pegembangan. Yogyakarta: Deepublish.
  17. Ja’far, Al Rasyidin. (2015). Filsafat Ilmu. cet. I, Medan: Perdana Publishing.
  18. Juju Suryawati, Kun Mayarti. (2001). Sosiologi Untuk Sma Dan Ma Kelas X KTSP Standar Isi 2006. Esis.
  19. Kartono. (2019). Kepribadian Dan Politik Bank Perkreditan Rakyat. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  20. Marimba, Ahmad D. (1962). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Alma'arif.
  21. Mujib, Abdul. (2019). Teori Kepribadian Perspektif Psikologi Islam. Depok: Rajawali Press.
  22. Muliadi. (2020). Filsafat Umum. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung DjatiBandung.
  23. Naim, Ngainun. (2018). Menjadi Guru Inspiratif Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  24. Pratama, Arizqi Ihsan, Musthofa Zahir. (2019). Konsep Kepribadian Guru menurut Ibnu Sahnun, Tawazun. Jurnal Pendidikan Islam.12 (1).
  25. Saehudin, Izzan, Ahmad. Tafsir Pendidikan, Konsep Pendidikan Berbasis Alquran. Bandung: KDT.
  26. Tim Penyusun Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. cet.4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  27. Wan Daud, Wan Mohd Nor. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib al-Attas. terj. Hamid Fahmy dkk, Bandung: Mizan.
  28. Wathoni, Nurul & Muhammad, Lalu. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Diponegoro: Cv Uwais Inspirasi Indonesia.
  29. Zuhairini. (2004). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT.Bumi Aksara.