PEMANFAATAN SDA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV/a pada pelajaran IPS melalui pembelajaran berbasis kontekstual. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV/a yang berjumlah 28 orang. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan instrumen atau teknik pengumpulan data berupa butiran soal tes pilihan ganda dan lembar observasi. Setelah data terkumpul peneliti mengadakan pengolahan dan analisis data dengan cara membandingkan hasil tes dan observasi dari kondisi awal, siklus pertama dan kedua. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan siswa pada siklus pertama menjadi 68% (19 siswa) dengan rata-rata 71 dari kondisi awal yang hanya 25% (7 siswa) dengan rata-rata 46, dan pada akhir siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 89% (25 siswa) dengan rata-rata 78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan SDA (Sumber Daya Alam) melalui pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD Negeri Paya Pelawi Aceh Timur.