PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Alue Nireh Kecamatan Peureulak Timur Kabupaten Aceh Timur dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Hopkins. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan teman sejawat untuk menciptakan hasil belajar yang lebih baik. Penelitian dilaksanakan selama 2 (dua) siklus dan setiap siklusnya dilakukan 2 (dua) kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, lembar observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Inquiry pada siklus I nilai rata-rata pada tes hasil belajar sebesar 72,00 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar (60 %) Pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar yaitu nilai rata-rata siswa sebesar 80,57 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 91,43 %). Dengan demikian disimpulkan bahwa bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry melalui tahap stimulasi, perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data, verifikasi, dan generalisasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi hewan dan tumbuhan langka pada siswa kelas VI semester I tahun Pelajaran 2017-2018 di SD Negeri Alue Nireh Kecamatan Peureulak Timur Kabupaten Aceh Timur