Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan gerak dasar dribble dalam permainan sepak bola setelah digunakan media audio visual pada siswa  kelas VII.5 SMPN 1 Rantau Selamat semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 terutama pada mata pelajaran Penjaskes materi permainan sepak bola. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas, dapat di jelaskan bahwa hasil belajar siswa dari mulai kondisi awal hasil belajar siswa masih rendah karena di bawah KKM ≥70 yaitu rata-rata kelas hanya sebesar 59,13 dengan ketuntasan belajar klasikal dari 23 jumlah siswa hanya 6 siswa  (26,09 %) yang tuntas.  Pada siklus I setelah digunakan media audio visual, nilia rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 69,13 dengan ketuntasan klasikal sebesar 769,57 % namun hasil tersebut belum mencapai KKM ≥70. Pada siklus II rata-rata kelas kembali meningkat mencapi nilai rata-rata 79,13 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,30 %. Dengan meningkatnya hasil belajar di setiap siklusnya, maka hipotesis tindakan dapat diterima dan dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar dribble dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VII.5 SMPN 1 Rantau Selamat.

Keywords

Dribble, Media Audio Visual, Sepak Bola

Article Details

How to Cite
Elpira, N. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN DRIBBLE DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL . Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(1), 18-24. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1597