Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode praktik langsung dalam meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran prakarya aspek budi daya tanaman obat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Rantau Selamat berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, pemahaman, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode praktik langsung pada mata pelajaran Prakarya Aspek Budi Daya Tanaman Obat mempunyai dampak yang baik terhadap aktivitas siswa diantaranya; siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran; siswa terlibat langsung dalam pembelajaran. 2) mata pelajaran prakarya aspek budi daya dengan menerapkan metode praktik langsung dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 1 Rantau Selamat. Hasil penelitian siklus I menunjukkan hasil praktik dengan prosentase ketuntasan sebesar 79,17 % dengan nilai rata-rata keterampilan sebesar 78,96. Pada hasil tes praktik siklus II menunjukkan penngkatna dengan prosentase ketuntasan mencapai 95,83 % dengan nilai rata-rata keterampilan mencapai 86,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode praktik langsung dapat meningkatkan keterampilan teknik budi daya tanaman obat pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Rantau Selamat semester II tahun pelajaran 2017/2018

Keywords

Budi Daya Tanaman Obat, Keterampilan Siswa

Article Details

How to Cite
Fatimah, C. (2020). PENGGUNAAN METODE PRAKTIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK BUDI DAYA TANAMAN OBAT. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(1), 25-32. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1598