Main Article Content

Abstract

Rendahnya kualitas dan hasil belajar khususnya mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas IX.2 di SMP Negeri 1 Rantau Selamat disebabkan model pembelajaran yang selama ini peneliti lakukan masih didominasi metode ceramah. Disamping itu siswa kurang tertarik untuk belajar Matematika. Untuk mengatasi permasalahan di atas, langkah yang perlu dilaksanakan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry. Dalam penerapannya peneliti mencoba pada mata pelajaran Matematika materi Kesebangunan dan Kongruen di Kelas IX.2 Semester I SMP Negeri 1 Rantau Selamat Kecamatan Rantau Selamat Kabupaten Aceh Timur. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 perempuan. Untuk mencapai hasil sesuai dengan  apa yang peneliti harapkan maka peneliti melaksanakanya dengan II (dua) siklus. Setiap siklus sebanyak 2 ( dua ) kali pertemuan selama lebih kurang 4 (empat) bulan. Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, pada siklus I (satu) nilai rata- rata siswa 70,21  dengan ketuntasan belajar hanya 70,83 %. Sedangkan pada siklus II (dua) nilai rata- rata siswa meningkat menjadi 79,38 dengan ketuntasan belajar mencapai 87,50 % . Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Kesebangunan dan Kongruen pada siswa Kelas IX.2 Semester I di SMP Negeri 1 Rantau Selamat tahun pelajaran 2017/2018.

Keywords

Hasil Belajar Matematika, Model Inquiry

Article Details

How to Cite
Martini , M. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY . Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(1), 33-42. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1599