Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rantau Selamat Aceh Timur selama 3 bulan pada semester genap tahun pelajaran 2016-2017 yang bertujuan untuk dapat mengoptimalisasikan hasil belajar siswa kelas VII pada materi text descriptive melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah sebanyak 28 orang. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan instrumen atau teknik pengumpulan data berupa butiran soal tes pilihan ganda, isian, lembar observasi dan angket wawancara. Setelah data terkumpul peneliti mengadakan pengolahan dan analisis data dengan cara membandingkan hasil tes dan observasi dari kondisi awal, siklus pertama dan kedua. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan siswa pada siklus pertama menjadi 68% (19 siswa) dengan rata-rata 71 dari kondisi awal yang hanya 25% (7 siswa) dengan rata-rata 46, dan pada akhir siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 89% (25 siswa) dengan rata-rata 78.

Keywords

Hasil Belajar Bahasa Inggris, Materi Text Descriptive, Model Pembelajaran Picture and Picture

Article Details

How to Cite
Junaili, R. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DESCRIPTIVE TEXT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(1), 52-60. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1608