Main Article Content

Abstract

Tujuan dari Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah mengupayakan peningkatan etos kerja bagi guru SD Negeri Alue Punti melalui kepemimpinan kepala sekolah semester pertama tahun pelajaran 2017-2018 dengan subjek penelitian guru SD Negeri Alue Punti yang berjumlah 18 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan dalam dua siklus empat kali pertemaun yang terdiri dari 1)perencanaan 2)pelaksanaan 3)pengamatan dan 4)refleksi. Dalam pengumpulan data ini peneliti menggunakan observasi, wawancara dan tehnik angket serta dokumentasi.Dalam tehnik angket peneliti ingin menggali data tentang sebab akibat tidak menjalan etos kerja terhadap kehadiran mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan etos kerja guru melalui kepemimpinan kepala sekolah yaitu pada kondisi awal tingkat etos kerja guru dari 18 orang guru hanya 39%, siklus I hanya 67%. Pada siklus II mencapai 100%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatkan etos kerja guru pada kehadiran mengajar sehingga meningkatnya kreatifitas peserta didik.

Keywords

Etos Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Proses Belajar Mengajar

Article Details

How to Cite
Budi, H. (2020). ETOS KERJA GURU MELALUI PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SD NEGERI ALUE PUNTI. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(1). Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1610