Main Article Content

Abstract

Metode ceramah merupakan metode yang berpusat pada guru sehingga pembelajaran yang ada hanya bersifat satu arah, siswa hanya dituntut untuk duduk diam mendengarkan dan mencatat apa yang telah dijelaskan oleh guru. Metode CRH dalam pembelajaran dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran karena siswa dalam metode ini melakukan kerjasama dalam kelompok dan melakukan kuis dengan bersaing dengan kelompok lain. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan metode CRH terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Variable terikat terdiri dari aktivitas dan hasil belajar siswa dan variable bebasnya adalah metode CRH. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil menunjukkan bahwa metode Course Review Horay berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPS. Metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS di kelas V Sekolah Dasar. Pada  pra siklus ketuntasan siswa hanya 9  orang atau 33% setelah dilaksanakan tindakan pada siklus ketuntasan siswa meningkat menjadi 17 orang atau 62% kemudian dilakukan tindakan pada siklus II dengan pencapaian ketuntasannya 25 orang (92%)dari 27 siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam ilmu pendidikan dan dapat menjadi salah satu alternatif metode yang dapat di gunakan dalam pembelajaran yang aktif dan menyenangkan

Article Details

How to Cite
Abbas, I. (2020). PERAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS . Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(1), 76-83. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1611