PERAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

  • Saiful Muzakir SDN Seuneubok Pase
Keywords: SDN Seuneubok Pase

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model STAD pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Prosedur pelaksanaannya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penulisan  pada siklus I diperoleh nilai siswa yang berhasil tuntas sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM 70) sebesar 8 siswa atau 40%, maka dapat dikatakan masih dominan siswa belum menguasai materi karena masih ada sebanyak 12 siswa atau 60% yang belum tuntas atau nilai hasil belajar materi pertumbuhan dan perkembangan masih di bawah KKM 70. Maka peneliti masih harus menyusun strategi kembali pada siklus II. Selanjutnya pada siklus II diperoleh hasil yang memuaskan karena 18 siswa (90%) berhasil mendapatkan nilai diatas KKM 70, dengan kata lain penggunaan model STAD sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup dengan  menggunakan model  STAD  pada siswa kelas III  SD.

Published
2020-05-15