Main Article Content

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang seharusnya banyak memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat memahami alam secara langsung. Namun demikian sering kali kesempatan itu tidak dimiliki oleh siswa Sekolah Dasar. Imbasnya, hasil belajar IPA pada kelas IV khususnya masih belum dapat mencapai target ketuntasan yang telah ditentukan. Oleh sebab itu, penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar , dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri (SPI). Tulisan ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Subjek penelitian  adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan penghitungan skor rata-rata. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan target 85 % dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai KKM dan nilai rata-rata kelas ≥ 65

Keywords

Benda Sifat dan Kegunaannya, Hasil Belajar IPA, Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)

Article Details

How to Cite
Junaini, J. (2020). PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(1), 91-101. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1613