Main Article Content

Abstract

Banyak orang yang tidak menyukai matematika, termasuk anak-anak SD. Sebahagian beranggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit, membosankan, dan tidak menyenangkan. Anggapan ini menyebabkan mereka semakin tidak menyukai pembelajaran matematika, sehingga prestasi belajar matematika menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV berjumlah 32. Peneliti menggunakan instrumen berupa butiran soal tes pilihan ganda dan lembar observasi. Setelah data terkumpul peneliti mengadakan pengolahan dan analisis data dengan cara membandingkan hasil tes dan observasi dari kondisi awal, siklus pertama dan kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika khususnya pada materi Bangun Datar bagi siswa kelas IV Semester II SD Negeri Seuneubok Pidie. Pada akhir siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 62,50 % (20 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 37,50 %  (12 siswa), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 96,87 % (31 siswa ) dan hanya 3,12 % (1 anak) belum mencapai ketuntasan belajar. Adapun nilai rata- rata kelas siklus I sebesar  6,77 dan rata- rata kelas siklus II sebesar 7,89

Keywords

Hasil Belajar, Matematika, Pendekatan Kontekstual

Article Details

How to Cite
Maimunah, M. (2020). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SD. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(1), 102-111. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1614