Main Article Content

Abstract

Salah satu pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan kepada siswa, dan siswa aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar adalah dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.Hasil analisis mengungkapkan, bahwa melalui pendekatan kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS terhadap materi Kehidupan Manusia Pra-Aksara di Indonesia, suasana pembelajaran berubah dari semula yang terkesan membosankan menjadi begitu menarik dan penuh tantangan. Begitu juga tingkat keaktifan siswa menjadi bertambah tinggi. Siswa begitu antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, semua terlibat dalam aktifitas kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat hasil yang cukup signifikan terhadap peningkatan nilai ketuntasan siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi kehidupan manusia pra-aksara di Indonesia terhadap siswa kelas VII-5 SMPN 1 Rantau Selamat Aceh Timur

Keywords

Hasil Belajar IPS, Jigsaw, Pembelajaran Kooperatif

Article Details

How to Cite
Juariah, J. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(1), 42-51. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/1615