Main Article Content

Abstract

Sumber utama hukum Islam adalah Al Quran dan Hadis. Khusus dalam kajian ini berkonsentrasi pada satu sumber hukum Islam saja yaitu hadis, sementara dalil Al Quran ditempatkan sebagai salah satu penguji kebenaran hadis tersebut. Menemukan hadis-hadis yang cocok untuk dijadikan dalil terhadap beberapa tema umum menjadi tujuan dari penulisan ini, melalui pendekatan metode tematik. Tentunya hal ini bukanlah urusan yang mudah karena memiliki konsekuensi yang berdampak kepada penyimpangan dari makna sesungguhnya hadis. Untuk menghindari, setidaknya meminimalisir kekeliruan, maka perlu terlebih dahulu mengkaji secara tepat tema-tema yang dimaksud.Terdapat beberapa variabel utama yang perlu penjelasan secara tepat dengan batasan-batasannya, sehingga dalam pembahasan berikutnya tidak bias yang berakibat menghilangkan maksud dan makna yang ingin dicapai. Variabel-variabel tersebut adalah hadis, komunikasi, komunikasi persuasif,  komunikasi partisipatif, komunikasi instruktif dan komunikasi Koersif. Sesungguhnya variabel-variabel komunukasi, kecuali komunikasi partisipatif tergolong dalam sub ilmu komunikasi yaitu teknik komunikasi atau fungsi komunikasi dan atau metode komunikasi. Istilah teknik yang berasal dari bahasa Yunani “technikos” dengan arti keterampilan atau keperigelan, berdasarkan pada keterampilan berkomunikasi yang dilakukan komunikator, teknik komunikasi diklasifikasi menjadi Komunikasi Informasi, Komunikasi Persuasif, Komunikasi Koersif, Komunikasi Instruktif, Hubungan Manusiawi.

Keywords

Hadis Tematik Komunikasi (Persuasif, Partisipatif, Instruktif dan Koersif )

Article Details

How to Cite
Jaya, A. (2018). Hadis Tematik Komunikasi Persuasif, Partisipatif, Instruktif dan Koersif. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 9(1), 37-51. https://doi.org/10.32505/hikmah.v9i1.1725

References

  1. Drajat, Amroeni. Komunikasi Islam dan Tantangan Modernitas. Medan: Perdana Mulya Sarana, 2008
  2. Effendy, Onong Uchjana. Dinamika Komunikasi. Bandung : Remaja Rosydakarya, 1992
  3. Effendy, Onong Uchjana. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2003
  4. _______,Ensiklopedia Tematis Ayat Al-Qur’an dan Hadis Panduan Praktis Menemukan Ayat Al Qur’an dan Hadis. Jakarta: Widya Cahaya, 2009
  5. Hadis Sembilan Digital
  6. Hefni, Harjani. Komunikasi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015
  7. Illahi, Wahyu. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosadakarya, cet. II, 2013
  8. Liliweri, Alo. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group, 2011
  9. Pambayun, Ellys Lestari. Communication Quotient, Kecerdasan Komunikasi Dalam Pendekatan Emosional dan Spritual. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012
  10. Rahmat, Jalaluddin. Makalah Seminar. Etika Komunikasi Perspektif Religi. Jakarta: Perpustakaan Nasional, 1996
  11. Rubino. Analytica Islamica. Medan; Program Pascasarjana IAIN Sum. Utara, Vol. 13 No. 1, 2011
  12. Yusuf, Pawit M. Komunikasi Instruksional, Teori dan Paraktik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010
  13. _______,Wikipedia.org