Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dan tantangan Sudut Baca terhadap peningkatan minat baca siswa SMAN 1 Langsa. Observasi, wawancara, dan survei adalah instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang terfokus pada tiga aspek utama: partisipasi, motivasi, dan peran Sudut Baca dalam mengembangkan komunikasi dan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menunjukkan Sudut Baca mampu menarik minat siswa ketika dikemas dengan baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penempatan Sudut Baca, katalog buku – buku, promosi, dan partisipasi guru, menjadi faktor penting dalam mendesain Sudut Baca sebagai instrumen dalam pengembangan minat baca siswa. Kemudahan akses, suasana yang nyaman dan tidak dalam suasana formal, kehadiran para guru, ajakan teman, serta pencitraan sebagai siswa rajin dan pintar serta kuis dengan hadiah kecil menjadi motivasi minat baca siswa SMAN 1 Langsa. Sudut Baca juga efektif dalam Pengembangan literasi baca tulis, komunikasi, dan berpikir kritis siswa. Penelitian ini mengimplikasikan perlunya peningkatan suasana yang lebih nyaman, jumlah koleksi buku yang sesuai dengan preferensi siswa, peran siswa sebaya, dan penugasan-penugasan dari guru yang berorientasi pada perpustakaan dan Sudut Baca.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi. Bumi Aksara.
- Atmodiwirjo, P., Yatmo, Y. A., & Paramita, K. D. (2012). My library: Involving Cchildren in the Improvement of School Library Space. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 38, 31–39.
- Balai Bahasa Provinsi Aceh. (2020, February 22). Sekilas Gerakan Literasi Nasional (GLN): Tugas Masih Berat [Https://bbaceh.kemdikbud.go.id/2020/02/22/sekilas-gerakan-literasi-nasional-gln-tugas-masih-berat/]. Balai Bahasa Provinsi Aceh. https://bbaceh.kemdikbud.go.id/2020/02/22/sekilas-gerakan-literasi-nasional-gln-tugas-masih-berat/
- Direktorat Sekolah Dasar. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar Yang Harus Kita Ketahui dan Miliki. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-mengenal-6-literasi-dasar-yang-harus-kita-ketahui-dan-miliki
- Gerrity, C. (2018). The new national school library standards: Implications for information literacy instruction in higher education. The Journal of Academic Librarianship, 44, 455–458.
- Harisanty, D. (2019). How to Motivate Students in Using School Library. Library Philosophy and Practice (e-Journal), 2698. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/2698
- Kemendikbud. (2015, August 19). Mendikbud Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2015/08/mendikbud-luncurkan-gerakan-literasi-sekolah-4514-4514-4514
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah [Https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/06/penumbuhan-budi-pekerti-di-sekolah]. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/06/penumbuhan-budi-pekerti-di-sekolah
- Kleijnen, E., Huysmans, F., Ligtvoet, R., & Elbers, E. (2015). Effect of a school library on the reading attitude and reading behaviour in non-western migrant students. Journal of Librarianship and Information Science, 49(3), 269–286.
- Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.
- Nursagita, Lubis, K., & Warda, Y. (2023). Efektivitas Program Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MIS Syababul Qorib Melati II Kecamatan Perbaungan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1735–1741.
- Putra, R. M. S. (2008). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Panduan Praktis bagi Pendidik, Orang Tua, dan Penerbit. PT Indeks.
- Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Cetakan 6). Bumi Aksara.
- Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.
- Suharsani, R. F. (2023). Efektivitas Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Literasi Membaca Anak Usia Dini Kelompok B di KB Pijar Beriman Kelurahan Dasan Agung Baru. Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 9(2), 198–204. https://doi.org/10.33394/jtni.v9i2.8787
- Suwarno, W. (2010). Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Pustakawan. Ar Ruzz Media.
- Toda, A., & Nagata, H. (2007). Students’ Patterns of Library Use and Their Learning Outcomes. Journal of Japan Society of Library and Information Science, 53(1), 17–34.
- Yusup, P. M., & Priyo, S. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi. Kencana Pernada Media Group.