Main Article Content

Abstract

Pengukuran terhadap kapabilitas mahasiswa dan alumni dari program studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) perlu dimonitoring dan evaluasi secara berkala. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kompetensi penggunaan bahasa Inggris oleh mahasiswa dan alumni program studi TBI sebagai modal simbolik untuk mengembangkan diri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan format studi kasus. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan Focus Group Discussion. Hasil penelitian menunjukan bahwa modal simbolik yang dimiliki mahasiswa masih sangat lemah. Mahasiswa tidak memiliki modal yang sesuai dengan program studi untuk mengembangkan dan memberdayakan diri mereka sendiri. Dilihat dari sisi ekonomi, pada mahasiswa dan alumni tidak ditemukan mahasiswa yang memiliki kekuatan modal kapital. Dan dari segi modal budaya, mahasiswa TBI atau alumni belum memiliki karakter yang signifikan baik berupa cara bergaul ataupun cara pembawaaan diri yang menjelaskan bahwa mereka adalah mahasiswa atau alumni program studi ini. Hal ini mengakibatkan sulitnya alumni untuk memberdayakan diri

Keywords

kompetensi

Article Details

References

  1. Alwasilah, A. C. 2001. Language, culture, and education: A portrait of contemporary Indonesia. Bandung, Indonesia: CV. Andira.
  2. Anonym. 2009. Diakses melalui http://dahlanforum.wordpress.com/2009/10/11/kebudayaan-nasional/ pada tanggal 15 Februari 2013
  3. Bhabha, Homi K. 1994. The Location of Culture, London and New York: Routlegde.
  4. Bourdieu, Pierre. 1984. Distinction: A Social Crituque of the Judgement of Taste.
  5. Cambrigde MA: Havard University Press
  6. Bourdieu, Pierre. 1998. Practical Reason: On the Theory of Action. Stanford, California: Stanford University Press.
  7. Bourdieu, Pierre. 2009. After Bourdieu: Influence, Critique, Elaboration. New York: Kluwer Academic
  8. Brubaker, Rogers. 2005. Rethinking Clasical Theory: The Sociological Vision of Pierre Bourdieu. UK: African San Media
  9. Choi, Hee Jun. 2017. The Relationship between English Language Acquisition of Young Children in A Korean Private Kindeegarten and Their Gender, Teacher Children-Student Relationship, Temperament, and Intrinsic Motivation. The Asian Journal EFL Journal Professional Teaching Articles May 2017, Issue 100
  10. Crystal, D. 1997. English as a global language. Cambridge: Cambridge University Press.
  11. Crystal, D. 2003. The Cambridge Encyclopaedia of Language. Cambridge: Cambridge University Press.
  12. Dardjowidjojo, S. 2000. English Teaching in Indonesia. EA Journal, 18 (1), 22-30.
  13. Graddol, D. 2011. The future of English. London: British Council.
  14. Gradol, David. 2006. English Next. England: British Council.
  15. Haryatmokodan Fashri. 2007. 2007:96-98). Teori Habitus Pierre Bourdieu. academia.edu/35894184/TEORI_HABITUS_PIERRE_BOURDIEU
  16. Hywel, Coleman, Allocating Resources for English: The case of Indonesia’s English Medium International Standard Schools, hlm. 87. Singapore: ISEAS Publishing. 2007.
  17. Jazadi, I. 2000. Constraints and resources for applying communicative approaches in Indonesia. EA Journal, 18 (1), 31-40.
  18. Jenkins, Richard. 2004. Membaca Pikiran Pierre Bourdie (Terjemahan Nurhadi), Yogyakarta: Kreasi Wacana.
  19. Kamanta, Yudha. 2009. Paradigma Teori Arena Produksi Kultural Sastra: Kajian Terhadap Pemikiran Pierre Bourdieu. Jurnal Poetika Vol. 1 No. 1, Juli 2013, Hal. 4
  20. Kusherdyana, M.pd. Drs. Pemahaman Lintas Budaya. Bandung. Alfabeta.
  21. Lewis, Richard. 2005. Komunikasi Bisnis Lintas Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  22. Mulyana, Dedi. 2005. Komunikasi Antar Budaya. Panduan Berkomunikasi dengan Orang-orang Berbeda Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  23. Phillipson, Robert .2009. Linguistic imperialism continued. New York and London: Routledge.
  24. Robert Phillipson. 1997. Realities and Myths of Linguistic Imperialism, Journal of Multilingual and Multicultural Development, 18:3, 238-248, DOI: 10.1080/01434639708666317
  25. Soillse, Sabhal Mòr Ostaig An t-Eilean Sgitheanach, Alba. Sociolinguistics and Language Policy. UK The Isle of Skye, Scotland, UK, and Journal of Language, Identity and Education 12(5): 340–356.
  26. Syahra, Rusydi . 2003. Modal Sosial: Konsep Dan Aplikasi. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, Volume 5 No. 1 Tahun 2003 Hal 1
  27. Tsui, A., & Tollefson, J. 2007. Language policy, culture, and identity in Asian contexts. Hillsdale, NJ: Erlbaum.