Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Template untuk Menulis di Jurnal At-tafkir


iain langsa


 


Penulis*


 


ABSTRAK


 


Artikel ini merupakan template untuk menulis di Jurnal At-Tafkir dengan menggunakan MS-Word. Makalah tidak perlu diberi penomoran halaman. Makalah dapat dituliskan dalam B. Indonesia maupun dalam B. Inggris. Banyak halaman tidak melebihi 20  lembar dengan format A4-two columns. Halaman judul harus menyertakan judul yang spesifik, pengarang dan abstrak sekitar 200 kata pada awal makalah. Afiliasi, alamat, telpon dan nomor fax ataupun alamat e-mail harus diberikan setelah nama pengarang. Penulisan Judul dengan menggunakan Times New Roman 10pt, Bold, All caps. Untuk makalah dalam B. Indonesia, abstrak harus dituliskan dalam B. Indonesia dan B. Inggris. Sebelum menulis, mohon margin makalah anda disesuaikan dengan margin dari template ini, yaitu dengan melihat page setup dari template yang telah kami berikan.


Kata kunci :  daftarkan hingga 6 kata kunci di sini.


 


ABSTRACT


 


This article illustrates preparation of your paper using MS-WORD. Papers should not be numbered. The manuscript should be written in English. The length of manuscript should not exceed 12 pages in this format using A4 two columns. The title page should include the succinct title, the authors, and an abstract of around 200 words at the beginning of the manuscript. The affiliation, address and zip code, and telephone and fax numbers as well as e-mail address should be listed below the author's names. The paper begins with a title which uses 10 pt Times New Roman, Bold, All caps. The remainder of the paper should be typed in 10pt Times New Roman. Please set your margin before you type your article by looking at the page setup of this template.


Keywords : Up to six keywords should also be included.


 





  1. PENDAHULUAN


 


Cara termudah untuk menuliskan makalah anda agar sesuai dengan format penulisan Jurnal At-Tafkir adalah dengan men- copy-paste makalah anda ke dalam template ini. Template ini akan diberikan pada anda oleh redaksi Jurnal AT-TAFKIR, bila makalah anda dinyatakan dapat diterbitkan di Jurnal AT-TAFKIR, baik dengan revisi ataupun tidak. Penulisan istilah asing harus ditulis dalam huruf italics. Page setup untuk Jurnal AT-TAFKIR adalah Top and Bottom = 2.54 cm, Left and Right = 3.17 cm, Gutter = 0”. Orientasinya adalah Portrait dengan two columns (number of columns = 2, dan col# 1 dan 2 widht = 7.31 cm dan spacing 0.63 cm).  Ukuran paper (paper size) adalah letter dengan Width = 21.59 cm dan Height = 27.94 cm.  Layout-nya dengan Header  = 1.25 cm dan Footer = 1.54 cm. Vertical alignment-nya adalah Top. (Catatan: Aturan penulisan desimal di atas disesuaikan dengan aturan penulisan pada Microsoft Word yang menggunakan ”.” sebagai tanda desimal dan bukan ”,”. Aturan penulisan desimal dalam Jurnal AT-TAFKIR mengikuti aturan penulisan Matematika).


 



  1. HEADING (Memuat Sub Judul dari Tinjauan Pustaka)


 


Jika heading anda melebihi satu, gunakan level kedua heading seperti di bawah ini. Pengutipan dilakukan dengan mencantumkan. Nama penulis dan tahun penerbitan mengikuti kalimat. Penomoran harus diberikan pada gambar (gambar, grafik, foto dan peta), tabel dan persamaan matematika, rekasi kimia dan fisika berdasarkan urutannya


 


2.1 Second-Level Heading


 


Heading pada level kedua dituliskan dengan boldface dengan menggunakan huruf besar dan huruf kecil. Heading dituliskan rata kiri.


Pada setiap gambar harus diberikan keterangan di bawah gambar. Keterangan pada tabel diberikan di atas tabel. Keterangan dituliskan dengan huruf kecil kecuali pada karakter pertama pada tiap kalimat. Seluruh gambar harus diberi penomoran secara berurutan. Jika Gambar  besar maka diletakkan di tengah halaman (center alignment) dengan judul ditengah dan jika gambar kecil maka letakkan di tengah (center columns) baik itu pada kolom 1 ataupun pada kolom 2 dengan nama gambar rata justify, demikian halnya dengan tabel diawali di pinggir kiri (left alignment) halaman jika tabel tersebut besar dengan jumlah columns yang banyak, sedangkan dengan tabel yang kecil maka diletakkan di pinggir kiri (left alignment) baik itu pada kolom 1 ataupun pada kolom 2


 


Gambar 1.    Gunakan huruf besar hanya di awal nama gambar saja tanpa diakhir titik


 


Gambar 1: Keterangan pada gambar harus terlihat di bawah gambar. Acuan yang menggunakan gambar, tabel, teorema maupun lemma, harus diawali dengan huruf capital tanpa tanda titik pemisah, contoh, Gambar 1 dan Tabel 1 merupakan ilustrasi dari Teorema 1. Semua keterangan yang menyertainya ditulis dengan huruf besar di awal saja. Tabel dan gambar harus diletakkan di dalam body text dan memenuhi standard untuk dicetak. Gambar tidak perlu dibingkai.


 


Keterangan pada tabel harus terlihat di atas tabel.


 


Tabel 1.         Keterangan pada tabel juga ditulis dengan huruf besar di awal saja demikian juga dengan judul-judul dalam tabel



























Keterangan



Judul pertama



Judul kedua



Nama pertama



Nama kedua



Nama depan



 



 



 



 



Nama tengah



 



 



 



 



 


 


 


2.1.1 Third-Level Heading


 


Heading pada level ketiga mengikut style dari  heading level kedua. Hindari penggunaan heading lebih dari tiga level.


 Persamaan matematik harus diberi nomor secara berurutan dan dimulai dengan (1) sampai akhir makalah termasuk appendix. Penomoran ini harus diawali dan diakhiri dengan kurung buka dan kurung tutup dan rata kanan. Tambahkan satu garis kosong di atas dan di bawah persamaan. Ukuran pada persamaan adalah Full 11pt, Subscript/ superscript 8 pt, Sub-Subscript/ superscript 6pt, Symbol 12 pt, Sup-symbol 10 pt. Sisipkan (insert) equation untuk menuliskan persamaan matematika dengan style math.


                                                       (1)     


Semua penulisan variabel ditulis dengan italic dengan index angka dalam Time New Roman, contoh,  X1, ..., XnYi , i = 1, ..., n.  Gunakan tanda ” : ”untuk jelaskan arti variable dan ”=” jika variable itu bernilai sebuah angka atau persamaan.  N : jumlah data,  X = 1. 


Penulisan angka desimal dipisahkan dengan koma ”,” dan bila lebih dari satu gunakan titik koma, ”;”, sebagai pemisah Misal (0,234; 123,135; 4562,234). Semua parantheses ditulis dengan huruf Time New Roman, (X1X2), [i].


 



  1. METODE PENELITIAN


 


Pada bagian ini memuat metode saja, tidak memuat bagan ataupun bagan alir.


 



  1. HASIL DAN PEMBAHASAN


 


Memuat hasil dan pembahasan tentang penelitian yang dilakukan.


 



  1. KESIMPULAN DAN SARAN


 


Memuat kesimpulan yang diperoleh dan saran-saran untuk penelitian selanjutnya (jika ada).


 


UCAPAN TERIMA KASIH


 


Jika memang ada, tuliskan Ucapan Terima Kasih di sini.


 


ACUAN REFERENSI


Refrence harus didaftarkan urut alphabet dan kronologis dimana dari nama pengarang dan urutan penerbitan untuk pengarang yang sama. Urutan penulisan refrensi adalah nama pengarang, tahun publikasi, judul ataupun sumber. Nama jurnal, nama konferensi, proceeding dan judul buku harus ditulis dalam italics dan tiap huruf pertama pada judul yang bukan merupakan kata sambung ataupun artikel, ditulis dengan huruf kapital. Tuliskanlah refrensi yang digunakan dalam makalah utama. Jangan mencantumkan refrensi yang tidak pernah digunakan  sebagai acuan dalam penulisan naskah. Style penulisan refrensi diberikan di bawah. Jika penulisan lebih dari tiga gunakanlah nama pengarang utama dan ‘et al.’ Untuk mengacu pada penulisan yang lain pada satu referensi yang sama, contoh, (Forza et al.,1990; Holmes dan Mallick, 2003)  pada akhir kalimat, atau Mallian (2006) menyatakan kalimat berikut ini


Daftar Pustaka disajikan mengikuti tata cara seperti contoh berikut, disusun secara alfabetis dan kronologis.


 


DAFTAR PUSTAKA (memuat hanya pustaka yang dirujuk saja)


 


Holmes, C.C., and Mallick, B.K., 2003. “Generalized Nonlinear Modeling with Multivariate Free-Knot Regression Spline.” Journal of the American Statistical Association, Vol. 98, No. 462, pp. 352-365.


Mallian, H., 2006. Studi Literatur tentang Model Peramalan ARMA(p,q) dan Selang Kepercayaan Parameter Model dengan Menggunakan Bootstrap, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Industri, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Lyche, T., and Morken, K., 2004. Spline Methods, Draft, Retrieved from http://www.ub.uio.n./umn/english/index.html, on 23th Feb 2005.


Gagne, R. M. 1974. Essentials of Learning and Instruction. New York : Holt Rinehalt and Winston.


Popkewitz, T.S. 1994. “Profesionalization in  teaching and teacher education : some notes on its history, idiology, and potential”. Journal of Teaching and Teacher Education, 10 (10) 1-14


 


APPENDIX


 


* Penulis Adalah Dosen………Pada Kampus……….., Email: