Upaya Meningkatkan Minat Anak Mendengarkan Cerita dengan Menggunakan Media Gambar di TK Mawar Kota Padangsidimpuan T.A 2018

  • Komaria Harahap Universitas Terbuka
  • Rabitah Hanum Universitas Terbuka

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat anak didik dalam mendengarkan cerita melalui media gambar. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan terhadap minat anak didik dalam mendengarkan cerita. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 Taman Kanak-kanak Mawar Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 15 orang anak. Objek penelitian adalah meningkatkan minat mendengarkan cerita anak melalui media gambar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar instrument, serta melakukan penilaian dengan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat anak mendengarkan cerita meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi meningkat dari siklus 1 diperoleh 30% dan pada siklus 2  meningkat menjadi 80%. Dapat disimpulkan mulai dari pra siklus 1, dan siklus 2 bahwa Upaya Meningkatkan Minat Anak Mendengarkan Cerita Dengan Menggunakan Media Gambar Di Tk Mawar Kota PadangsidimpuanT.A 2018 mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 29, 2018
How to Cite
HARAHAP, Komaria; HANUM, Rabitah. Upaya Meningkatkan Minat Anak Mendengarkan Cerita dengan Menggunakan Media Gambar di TK Mawar Kota Padangsidimpuan T.A 2018. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 43-56, june 2018. ISSN 2655-8572. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/view/772>. Date accessed: 18 mar. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.772.
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times