Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat anak didik dalam mendengarkan cerita melalui media gambar. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan terhadap minat anak didik dalam mendengarkan cerita. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 Taman Kanak-kanak Mawar Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 15 orang anak. Objek penelitian adalah meningkatkan minat mendengarkan cerita anak melalui media gambar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar instrumen, serta melakukan penilaian dengan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat anak mendengarkan cerita meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi meningkat dari siklus 1 diperoleh 30% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80%. Dapat disimpulkan mulai dari pra siklus 1, dan siklus 2 bahwa upaya meningkatkan minat anak mendengarkan cerita dengan menggunakan media gambar di TK Mawar Kota Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2018 mengalami peningkatan.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
- Aisyah, S., dkk. (2009). Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka
- Aisyah, S., dkk. (2011). Pengolahan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
- Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- Hasan, M. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
- Muslich, M. (2009). Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara
- Nurani, Y. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
- Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana