Implikasi Teori Kemanusiaan Fazlur Rahman Terhadap Pendidikan Islam

  • mulyadi MA IAIN LANGSA

Abstract

Manusia merupakan mahluk Allah SWT. yang paling mulia dan sempurna yang diciptakan untuk menjadi khalifah di muka bumi. Dalam diri manusia tersimpan pancaran Ilahiyah untuk diambil sebuah pelajaran dan ketundukan manusia kepada Sang Penciptanya. Pelajaran tersebut harus direalisasikan menajadi sebuah konsep utuh yang kemudian menjadi bahan untuk kesempurnaan akal, jasmani, dan rohani dirinya. Dari proses tersebut maka muncullah apa yang disebut dengan ilmu. Dengan ilmu tersebut maka akan memunculkan sebuah teori pendidikan untuk membangun sebuah pengetahuan dan wawasan intelektual yang hakiki. Pendikan merupakan proses menjadikan manusia untuk menemukan hakikat dari sebuah kebenaran dari realitas ilmu yang bersifat misteri. Untuk mewujudkan hal tersebut, Fazlur Rahman melihat bahwa dimensi fisik dan nonfisik manusia menjadi sebuah pancaran untuk membentuk sebuah formula pendidikan yang benar. Berangkat dari konsep manusia tersebut maka Rahman, melalui pendidikan membentuk manusia menjadi dirinya seutuhnya dengan moralitas, dan taqwa sebagai penghambaan, dan spiritual sebagai sebuah keadaan akan kehadiran Pemberi Ilmu serta manusia akan kembali kepada-Nya

Published
Jun 14, 2018
How to Cite
MA, mulyadi. Implikasi Teori Kemanusiaan Fazlur Rahman Terhadap Pendidikan Islam. Al - Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 513-535, june 2018. ISSN 2550-0686. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/492>. Date accessed: 19 oct. 2018.
Section
Articles