Main Article Content

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari semakin banyaknya Madrasah maupun Sekolah umum yang menerapkan kurikulum pesantren sebagai kurikulum penunjang kurikulum di sekolah / madrasah khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Hal tersebut yang membuat beberapa lembaga pendidikan mendirikan Pondok, Asrama, atau Boarding School, guna mendorong program sekolah tersebut. Begitupun juga yang terjadi di MAN Yogyakarta I, disanapun juga mendirikan pondok pesantren “Al Hakim” untuk menambah cakrawala santri terhadap referensi keilmuan islam.  Yang menjadi permasalahan, bagaiman dampak yang ditimbulkan dengan penerapan kurikulum kemenag dan kurikulum pesantren terhadap peningkatan hasil belajar PAI. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak penerapan dua kurikulum (Kurikulum Kemenag dan Kurikulum Pesantren) terhadap peningkatan hasil belajar PAI di MAN Yogyakarta I dan juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam dua penerapan kurikulum tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Dalam penerapannya, Kurikulum pesantren hanya sebagai materi pendukung, artinya kurikulum kemenag masih menjadi prioritas utama dibanding kurikulum Pesantren. (2) Dampak dan pencapaiannya dalam penerapan dua kurikulum tersebut mempunyai dampak positif terhadap hasil belajar PAI pada siswa, seperti nilai siswa ponpes lebih bagus dari pada nilai siswa non ponpes dari segi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik (3) Kelebihannya dua kurikulum diterapkan secara baik, akan membuat siswa semakin banyak menguasai materi pelajaran agama, sehingga akan mendongkrak nilai ujian. Namun kekurangannya terjadi ketidak sesuaian antara materi kurikulum kemenag dan kurikulum pesantren, karena materi yang tidak disampaikan secara berurutan dan juga alokasi waktu yang sangat sedikit

Keywords

Kurikulum Pendidikan Agama Islam Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Nawali, A. K. (2018). DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA DAN KURIKULUM PESANTREN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DI MAN YOGYAKARTA. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 555-575. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/495