Main Article Content

Abstract

RA Al- Azhar Kota Langsa menerapkan kelas sentra untuk proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sentra persiapan menyajikan proses pembelajaran untuk mengenalkan pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan indepth – interview, observasi dan studi dokumen. Pembelajaran membaca dimulai dengan strategi pengenalan huruf dan angka terlebih dahulu. Proses pengenalan huruf dan angka dilakukan dengan menggunakan media lagu. Pembelajaran membaca juga disajikan dengan menggunakan kartu acak. Pembelajaran menulis dilakukan dengan tahapan, merangkai huruf yang telah ditulis dengan garis putus-putus, menebalkan huruf, hingga menulis tingkat lanjutan berupa menulis kata-kata sederhana. Begitu juga pembelajaran berhitung dilakukan secara bertahap. Dimulai dari pengenalan angka, pemahaman konsep dituangkan ke dalam penulisan lambang angka, kemudian pada tahap lebih lanjut anak dikenalkan dengan operasi berhitung. Seluruh aktivitas pembelajaran dilakukan dengan bantuan alat dan media yang dapat meningkatkan minat dan kreativitas siswa. Selain itu, aktivitas pembelajaran disajikan dalam bentuk permainan.

Keywords

Kelas Sentra Membaca Menulis Berhitung

Article Details

How to Cite
Pratiwi, S. H. (2018). KELAS SENTRA: PEMBELAJARAN MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA SENTRA PERSIAPAN RA AL-AZHAR KOTA LANGSA. JL3T (Journal of Linguistics, Literature and Language Teaching), 3(1), 120-140. https://doi.org/10.32505/jl3t.v3i1.337

References

  1. Finn,CE., Jr, JTE Cribb Jr, WJ Bennett. (1999). The Educated Child: A Parent Guide fromPreschool Through Eight Grade. New York: The Free Press.
  2. Combs, Martha. (1996). Developing Competent Readers and Writers in the Primary Grades. Simon & Schuster Academic.
  3. W, Eddy. (2012). Manajemen “Moving Class” Sebagai Pengorganisasian Sumber DayaPembelajaran.Disertasi: Universitas Negeri Malang.
  4. Rindaningsih, Ida. Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis BCCT pada PAUD, http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/42/48 diakses 20 Oktober 2016 pukul 20.00 WIB
  5. Hasan, Maimunah. (2009).Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
  6. Semi, M. Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
  7. Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  8. Herawati, Nety.(2005). Buku Pendidik Anak Usia Dini. Jakarta: Quantum.
  9. Dhieni, Nurbiana. (2005). Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta: Universitas Terbuka.
  10. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009
  11. Paquette, Kelli R., Susan E. Fello, and Mary Renck Jalongo. (2007). The talking drawings strategy: Using primary children’s illustrations and oral language to improve comprehension of expository text. Early childhood education journal 35(1).
  12. Susilana, Rusdi dan Cepi Riyana. (2009).Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: PT Wacana Prima.
  13. Sagala, Syaiful. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung.: Alfabeta.
  14. Nur, Siti Fauziah, http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/651 diakses tanggal 2 April 2017pukul 17.00
  15. Suyanto. (2005).Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  16. Sriyono., dkk. (1992). Teknik Belajar dalam CBSA. Jakarta : PT. Rineka Cipta.