KELAS SENTRA

PEMBELAJARAN MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA SENTRA PERSIAPAN RA AL-AZHAR KOTA LANGSA

  • Siti Habsari Pratiwi IAIN Langsa

Abstract

RA Al- Azhar Kota Langsa menerapkan kelas sentra untuk proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sentra persiapan menyajikan proses pembelajaran untuk mengenalkan pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan indepth – interview, observasi dan studi dokumen. Pembelajaran membaca dimulai dengan strategi pengenalan huruf dan angka terlebih dahulu. Proses pengenalan huruf dan angka dilakukan dengan menggunakan media lagu. Pembelajaran membaca juga disajikan dengan menggunakan kartu acak. Pembelajaran menulis dilakukan dengan tahapan, merangkai huruf yang telah ditulis dengan garis putus-putus, menebalkan huruf, hingga menulis tingkat lanjutan berupa menulis kata-kata sederhana. Begitu juga pembelajaran berhitung dilakukan secara bertahap. Dimulai dari pengenalan angka, pemahaman konsep dituangkan ke dalam penulisan lambang angka, kemudian pada tahap lebih lanjut anak dikenalkan dengan operasi berhitung. Seluruh aktivitas pembelajaran dilakukan dengan bantuan alat dan media yang dapat meningkatkan minat dan kreativitas siswa. Selain itu, aktivitas pembelajaran disajikan dalam bentuk permainan.

Published
Jan 16, 2018
How to Cite
PRATIWI, Siti Habsari. KELAS SENTRA. JL3T ( Journal of Linguistics, Literature and Language Teaching), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 120-140, jan. 2018. ISSN 2477-5444. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jl3t/article/view/337>. Date accessed: 20 sep. 2018.