CITRA MODERNITAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI MADRASAH ULUMUL QUR’AN

  • Cut Intan Meutia IAIN Langsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat citra modernitas dalam pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris di pondok pesantren Madrasah Ulumul Quran. Penelitian ini dilakukan karena meskipun kedua bahasa asing (Arab dan Inggris) itu diajarkan secara seimbang namun para santri cenderung untuk mendalami salah satu bahasa asing itu. Adapun yang menjadi pembahasannya adalah bagaimana bahasa Arab dan Inggris menggambarkan identitas dan citra modernisasi dalam pembelajaran bahasa asing di kalangan santri di Madrasah Ulumul Quran di Langsa Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah santri putra dan putri yang telah duduk di Madrasah Aliyah. Pemilihan subjek penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling method karena santri yang duduk di kelas Aliyah telah lebih lama terekspose dengan kedua bahasa asing tersebut. Dari hasil penelitian, beberapa faktor yang menentukan kecenderungan memilih menggunakan salah satu bahasa, yaitu faktor lingkungan. Santri memilih untuk mendalami bahasa Arab karena tidak banyak yang mampu menggunakan bahasa tersebut. Selain itu teknologi juga memberikan warna baru terhadap pemilihan salah satu bahasa. Bagi santri Madrasah Ulumul Quran, keberadaan alumni juga mendorong para santri untuk mengeksplorasikan keahlian mereka dalam menggunakan bahasa yang lebih baik.

Published
Jan 16, 2018
How to Cite
MEUTIA, Cut Intan. CITRA MODERNITAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI MADRASAH ULUMUL QUR’AN. JL3T ( Journal of Linguistics, Literature and Language Teaching), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 141-160, jan. 2018. ISSN 2477-5444. Available at: <http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jl3t/article/view/338>. Date accessed: 20 sep. 2018.