Main Article Content

Abstract

Systemic Functional Grammar merupakan teori yang diperkenalkan oleh M.A.K. Halliday, ahli linguistik Australia. Teori ini masih tergolong belum begitu lama dipakai walaupun Halliday sudah mempublikasikannya sekitar tahun 80an. SFG merupakan teori tata bahasa yang lebih menekankan pada fungsi atau peran bahasa itu sendiri. Di dalam teori SFG, manusia menggunakan bahasa dengan tujuan untuk memenuhi tiga fungsi dalam kehidupannya yang dikenal dengan metafunctions, yaitu fungsi untuk merepresentasikan pengalaman yang disebut ideational function, fungsi untuk menukarkan pengalaman yang disebut interpersonal function, dan fungsi untuk mengorganisasikan pengalaman yang disebut textual function. Ideational function dibagi lagi menjadi dua, yaitu experiential function dan logical function. Tulisan ini hanya membahas tentang logical function dalam teori SFG. Logical Function merupakan fungsi yang berkaitan dengan hubungan logis antara satu klausa dengan klausa lainnya yang meliputi dua aspek, yaitu interdependency relations dan logico-semantic relations. Kedua aspek tersebut akan dijelaskan secara detail dalam tulisan ini.

Keywords

Systemic Functional Grammar Metafunctions Logical Function

Article Details

How to Cite
Adha, R. (2018). LOGICAL FUNCTION DALAM TEORI SYSTEMIC FUNCTIONAL GRAMMAR (SFG). JL3T (Journal of Linguistics, Literature and Language Teaching), 4(1), 72-91. https://doi.org/10.32505/jl3t.v4i1.751

References

  1. Bloor, T. & Bloor, M. (1995). The functional analysis of English: A Hallidayan approach. New York: Arnold.
  2. Eggins, S. (2004). An introduction to systemic functional linguistics. London: Continuum International Publishing Group.
  3. Gerot, L. & Wignel, P. (1994). Making sense of functional grammar. Sydney: Gerd Stabler.
  4. Halliday, M.A.K. (1994). An introduction to functional grammar. London: Edward Arnold.
  5. Saragih, A. (2006). Introducing systemic functional grammar. Medan: English Department, Faculty of Languages and Arts, The State University of Medan.
  6. Siewierska, A. (1991). Functional grammar. New York: Routledge.
  7. Suhadi, J. (2012). Introduction to English functional grammar. Medan: Faculty of Literature UISU Medan.
  8. Thompson, G. (1996). An Introduction to functional grammar. Tokyo: Arnold Ltd.