Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat upaya guru dalam membentuk karakter siswa di MIN 2 Langsa dan melihat bagaimana pembelajaran modelling dalam membentuk karakter siswa. Jenis penelitian kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi setelah data didapatkan lalu data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian ini ada dua, pertama upaya guru dalam membentuk karakter siswa di MIN 2 Langsa Kedua, karakter siswa dapat dibentuk dengan pembelajaran modelling, karena pembelajaran ini menuntut pada aspek model yang diberikan kepada siswa oleh sebab itu siswa akan memperhatikan dan mengingat contoh karakter yang dimodelkan sehingga lahirlah tindakan dari siswa untuk berkarakter seperti yang dimodelkan.
Kata kunci: pembelajaran modelling, karakter
Abstract
The purpose of the study to look at the teacher's efforts in shaping the student character in MIN 2 Langsa and see how modelling learning in shaping the student character. Qualitative research types, with primary and secondary data sources. Data collection techniques in this study use interviews, observations and documentation after data is obtained then data is analyzed by reducing data, presenting data and drawing conclusions. The conclusion of the study results is twofold, first the teacher's efforts in shaping the student character in MIN 2 Second Langsa, the student character can be formed with modelling learning, as this learning demands on the aspect of the model given to students by which reason students will notice and remember examples of modeled characters so that there is an action from students to character as modeled.
Keyword: modelling learning, character
Keywords
Article Details
References
- Bugin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Huberman, M. d. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
- Lickona, T. (2013). Character Matters (Persoalan Karakter). Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Margaret E, Greatler, (2011), Learning and Intruction (Teori dan Aplikasi). Jakarta: Kencana.
- Rahmat Hidayat. Psikologi Kepribadian dalam Konseling.
- Saimroh, dkk. (2013). Pendidikan Karakter di Madrasa Ibtidaiyah Unggulan. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama.
- Sanjaya, W. (2008). Startegi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
- Soefandi, I. d. (2009 ). Strategi Mengebangkan Potensi Kecerdasan Anak . Jakarta : Bee Media Indonesia.