Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat anak didik dalam mendengarkan cerita melalui media gambar. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan terhadap minat anak didik dalam mendengarkan cerita. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 Taman Kanak-kanak Mawar Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 15 orang anak. Objek penelitian adalah meningkatkan minat mendengarkan cerita anak melalui media gambar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar instrumen, serta melakukan penilaian dengan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat anak mendengarkan cerita meningkat setelah adanya tindakan. Hasil observasi meningkat dari siklus 1 diperoleh 30% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80%. Dapat disimpulkan mulai dari pra siklus 1, dan siklus 2 bahwa upaya meningkatkan minat anak mendengarkan cerita dengan menggunakan media gambar di TK Mawar Kota Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2018 mengalami peningkatan.

Keywords

Children's Interest Image Media

Article Details

How to Cite
Harahap, K., & Hanum, R. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Anak Mendengarkan Cerita dengan Menggunakan Media Gambar. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 29-34. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.772

References

  1. Aisyah, S., dkk. (2009). Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka
  2. Aisyah, S., dkk. (2011). Pengolahan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
  3. Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  4. Hasan, M. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
  5. Muslich, M. (2009). Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara
  6. Nurani, Y. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
  7. Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana