Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana urgensi psikologi massa dalam perencanaan dakwah di Youtube. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan kajian pustaka sebagai teknik pengumpulan data. Data didapatkan dari artikel, buku, website, dan berita online. kemudian data dianalisa menggunakan pendekatan psikologi massa. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa, berdakwah melalui Youtube menjadikan netizen sebagai mitra dakwah, untuk mencapai tujuan dakwah, pendakwah harus menyusun perencanaan dakwah. Dalam perencanaan dakwah urgensi psikologi massa terdapat pada analisis khalayak, dimana analisis khalayak dapat dianalisa dari segi psikografis. Psikologi massa menyebutkan bahwa tindakan atau perilaku individu dapat melebur jika ia tergabung dalam massa yang kemudian membentuk perilaku kolektif. Perilaku kolektif netizen dapat dilihat dari tab trending di Youtube, dimana video yang mendapat banyak penonton dan sedang tren saat itu, akan ditampilkan di beranda trending topik dan akan mempengaruhi netizen untuk ikut menonton. Kesimpulannya perencanaan dakwah perlu dilakukan pendakwah sebelum masuk ke lapangan. Sebagaimana tujuan dakwah untuk dapat mempengaruhi, dan mengubah perilaku mitra dakwah agar sesuai dengan tuntunan agama. Maka seorang pendakwah harus dapat memahami karakter netizen, serta media yang tepat untuk berdakwah sehingga mudah ditemui dan dipahami.

Keywords

Psikologi Massa Perencanaan Dakwah Youtube Netizen

Article Details

How to Cite
Rofidah, L. (2021). Urgensi Psikologi Massa dalam Perencanaan Dakwah di Youtube. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 12(2), 105-113. https://doi.org/10.32505/hikmah.v12i2.3008

References

  1. Vito, A. D. (2018). Pengaruh Efektivitas Youtube Terhadap Popularitas Tokoh Masyarakat. Biomass Chem Eng, 3(2).
  2. Alam, L. (2019). Dakwah Dan Populisme Media : Idealisme Keberagamaan Netizen di Era Global. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 32. doi: 10.31764/jail.v2i1.1258
  3. Alfian, A. (2018). Manajemen Perencanaan Dakwah. Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah, 71–77.
  4. Aziz, M. A. (2017). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.
  5. Bon, G. L. (2009). The Crowd. New Zealand: The Floating Press.
  6. Daulay, N. (2014). Pengantar Psikologi dan Pandangan Al-Qur'an Tentang Psikologi. JAKARTA: KENCANA.
  7. Fabriar, S. R. (2019). Urgensi Psikologi Dalam Aktivitas Dakwah. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 11(2). doi: 10.34001/an.v11i2.1027
  8. Indonesia, C. (2019, 05 01). Youtube Ungkap Alasan Video Masuk'Trending'. Retrieved 07 02, 2021, from CNNIndonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190430202737-185-390970/youtube-ungkap-alasan-video-bisa-masuk-trending.
  9. Marwantika, A. I. (2019). Potret dan Segmentasi Mad’u Dalam Perkembangan Media di Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14(01), 1–14. doi: 10.37680/adabiya.v14i01.100
  10. Mustofa, H. (2011). Perilaku Manusia dalam Perspektif Psikologi Sosial. Administrasi Bisnis, 7, 143-156.
  11. Polri, T. P. (2018). Psikologi Massa dan Negosiasi. Jakarta: Lwmbaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.
  12. Putra, M. G. (2012). Pengantar Psikologi Sosial. surabaya : Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair (AUP).
  13. Suhandang, K. (2013). Ilmu Dakwah Perspektif Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  14. Sulaeman, A. R., Fazri, A., & Fairus, F. (2020). Strategi Pemanfaatan Youtube Dalam Bidang Dakwah Oleh Ulama Aceh. Communication, 11(1), 81–93.
  15. Wahyono, A. (2016). Psikologi Massa. Semarang, Jawa Tengah: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  16. Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan. Lentera, 17(1), 53–61.