Main Article Content

Abstract

                                                                                                                                        Abstrak


Pada saat dunia Barat mengalami kemajuan, dunia Muslim tidak lagi mendominasi ilmu pengetahuan bahkan tertinggal dengan kedatangan paham sekuler Barat yang mendominasi ilmu pengetahuan dengan corak kemodernannya, sehingga muncullah kekhawatiran-khawatiran bagi pemikir Muslim. Atas dasar itu dibentuklah konferensi pendidikan Islam sedunia. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan kajian ontologi, epistemologi, dan aksiologi pendidikan Islam dalam perpspektif konferensi pendidikan Islam sedunia. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kajian pustaka (library research). Hasil dari karya ilmiah ini menginformasikan Pertama, Seminar pendidikan Islam sedunia ini tidak ditentukan waktunya, seminar ini bisa kapan saja dibentuk sesuai dengan kesepakatan. Kedua, Kurikulum pendidikan Islam bersifat universal yang mencakup dalam berbagai aspek. Ketiga, Tidak ada istilah dikotomi ilmu pengetahuan yang memisahkan antara ilmu pengetahuan umum dengan ilmu pengetahuan keagamaan. Keempat, Integrasi ilmu pengetahuan mesti dilakukan. kelima, Integrasi kurikulum bagi lembaga-lemabaga pendidikan Islam mesti dilakukan apalagi saat ini berada pada zaman industri 4.0.

Keywords

pendidikan islam dunia

Article Details

How to Cite
Sembiring, I. M. (2020). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Sedunia. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 723-736. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/1417

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Alquran Alkarîm
  3. Al Rasyidin. (2008).falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Praktik Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media
  4. Perintis.
  5. al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1979). Aims and Objectives of Islamic Education: Islamic Education Series. Jeddah: King Abdulaziz University.
  6. . (1993). Islam and Secularism. Kuala Lumpur: International Institute Of Islamic Thought and Civilization.
  7. . (1989). Islam and the Philoshopy of Science. Kuala Lumpur: ISTAC.
  8. . (1991). The Concept of Education in Islam. Kuala Lumpur: ISTAC.
  9. Bilgrami dan Ashraf. (1985). The Concept of an Islamic University. Cambridge: Hodder and Stoughton, The Islamic Academy.
  10. Darajat, Zakiah. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Daud, Wan Mohd Nor Wan. (2003). The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Terj. Hamid Fahmy, dkk.. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan.
  12. . (2017). Peranan Universiti: Pengislaman Ilmu Semasa Penafibaratan dan penafijajahan. Malaysia: CASIS.
  13. Daulay, Haidar Putra. (2014). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana.
  14. . (2004). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.
  15. Departemen Agama Republik Indonesia. Alquran dan Terjemahnya. Semarang: Toha Putra, t.t.
  16. Husain, Syed Sajjad dan Ashraf, Syed Ali. (1986). Crisis Muslim Education. terj. Rahmani Astuti. Krisis Pendidikan Islam. Bandung: Risalah.
  17. Mushlih. (2015). Menggagas Universitas Islam Ideal: Studi Terhadap Pemikiran Syed Ali Ashraf. Jurnal MIQOT Vol. XXXIX No. 1 Januari-Juni.
  18. Ramayulis. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
  19. Saifullah & Nasir, Mohd.. (2009). Panorama Pendiidkan Islam: Kajian Terhadap Alquran dan Alhadits. Medan: Zai Grafika Publishing.
  20. Saqeb, Ghulam Nabi. (2000). Some Reflections on Islamization of Education Since 1977 Makkah Conference: Accomplishments, Failures and Tasks Ahead, Journal: Intellectual Discourse. Vol.8. No.1.