Main Article Content

Abstract

Abstrak


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan perspektif Ibnu Sina dalam pendidikan karakter, pemikiran pendidikan menurut Ibnu Sina bertujuan bahwa pendidikan tidak hanya transfer pengetahuan saja, tetapi disertai dengan transfer nilai. Dalam penenelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode dekriptif kualitatif, dengan menggunakan penelitian literatur. Hasil penelitian yang diperoleh Ibnu Sina ia mengungkapkan bahwa karakter manusia tumbuh dan berkembang bila bagaimana kita memberikan pendidikan yang sesuai dengan potensi-potensi peserta didik. Ibnu sina memandang bahwa pendidikan sebagai sarana untuk menjadikan peserta didik mulia dan berbudi pekerti luhur bukan hanya sekedar pada pengetahuanya.


 


Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Perspektif Ibnu Sina

Keywords

pendidikan karekter perspektif

Article Details

How to Cite
Nasution, H. A. (2020). Pendidikan Karekter Perspektif Ibnu Sina. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 737-748. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/1695

References

  1. Abdul Majid, Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.
  2. Armai Arief. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat pers, 2002.
  3. Ibn Miskawaih. Menuju Kesempurnaan Akhlak Terjemahan dari Tahdjib Al-Akhlak Karya Abu Ali Ahmad Ibn Miskawaih. Bandung: Mizan, 1994.
  4. Miftaku Rahman. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBN SINA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MODERN | Rohman | Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman.” Diakses 3 April 2020. http://103.106.116.16/index.php/epis/article/view/47.
  5. Nana Syaodih Sukmadhinata. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
  6. Prof. Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
  7. Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2002.
  8. Sirajuddin Zar. Filsafat Islam filosof dan filsafatnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Parsada, 2012.
  9. Slameto. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Smester. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
  10. Sutrisno dan Suyatno. Pendidikan Islam Di Era Peradaban Modern. Jakarta: Kencana, 2015.
  11. Suwardi dkk. Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga, 2012.
  12. Syarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
  13. Syarnubi, Syarnubi. “PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK RELIGIUSITAS SISWA KELAS IV DI SDN 2 PENGARAYAN.” Tadrib 5, no. 1 (1 Juli 2019): 87–103. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3230.
  14. Yanuar Arifin. Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam dari Klasik hingga Modern. Yogyakarta: Lintang Pusataka Utama, 2017.
  15. Zakiah Drajat dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.