Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKN melalui Pembelajaran yang dilengkapi dengan media pembelajara. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI SMA Swasta Darussaadah Kec. Pangkalan Susu Kab. Langkat, berjumlah 40 orang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode penelitian tindakan kelas melalui dua siklus pembelajaran. Setiap siklus dilakukan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi . berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa melalui pembelajaran PKN di kelas XI SMA Swasta Darussaadah Kec. Pangkalan Susu Tahun Pelajaran 2018 / 2019, aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama memperoleh skor klasikal 767 dengan persentase skor perolehan terhadap skor total sebesar 59,92% dan ini termasuk kategori baik. Pada siklus kedua aktivitas siswa secara klasikal memperoleh skor 1089 degan persentase skor perolehan terhadap skor total sebesar 85,08% dan ini termasuk dalam kategori sangat baik. Jadi peningkatan aktivitas belajar siswa siklus dari siklus I ke siklus II sebesar 25,16% sedangkan untuk hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran lengkap pada pemebelajaran PKN di kelas XI SMA Swasta Darussaadah Kec. Pangkalan Susu juga mengalami peningkatan. Pada siklus I perolehan nilai rata-rata klasikal 73,23. Nilai rata-rata ini masuk dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan (KKM=75) dan indikator keberhasilan (ketuntasan) 80%. Jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 orang atau 67,50 % sedangkan pada siklus II di peroleh nilai rata-rata klasikal 79,63 dengan jumlah siswa yang tuntas 33 orang siswa atau 82,5% ini berarti nilai rata-rata yang diperoleh sudah mencapai KKM yang ditetapkan sehingga indikarot ketuntasan belajar siswa tercapai. Demikian juga dengan jumlah siswa yang tuntas sudah mencapai indikator keberhasilan, dimana standar yang ditetapkan 80% sedangkan perolehan mencapai 82,5%.

Keywords

Media Pembelajaran Prestasi Belajar PKN

Article Details

How to Cite
Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran . Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809-820. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/1787

References

  1. Ahmadi dkk, Drs. H. Abu. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta. Vol. 2.
  2. Adam. Steffi dan Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Dalam CBIS Journal, Volume 3 No 2: 79
  3. Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.
  4. Azhar, Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta.; Raja Grafindo Persada,
  5. Rineka Cipta.
  6. Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan, Bandung: Citra Adtya Bakti
  7. Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan, Bandung: Citra Adtya Bakti. Hill. Reginald. (1998).
  8. Falah. Iwan, Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Dalam Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 1 No. 4:104-117
  9. Mahnun.Nunu.(2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1: 27
  10. Purwono. Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Dalam Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.2, No.2: 127
  11. Rohani, Ahmad. (1991). Pengelolaan Pelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Sardiman, Arif. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.