Main Article Content
Abstract
Dalam rangka mengimplementasikan tuntutan pengembangan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia, dan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dan berdaya saing global, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa memiliki tekad besar untuk mewujudkan lulusan yang berkarakter yang tertuang dalam pernyataan visi Institut yaitu untuk Menjadi Pusat Kajian Keislaman yang Berkarakter Rahmatan Lil’alamin. Penelitiaan ini berusaha memahami dan menganalisa tentang pembinaan karakter pada proses belajar mengajar di IAIN Langsa dengan fokus kajian 1) Karakter yang dibina oleh dosen pada proses belajar mengajar 2) Strategi pembinaan karakter mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang dibina oleh dosen pada proses belajar mengajar adalah (1) nilai religius, disiplin, jujur, tanggung jawab, mandiri, peduli lingkungan dan peduli sosial. (2) Strategi pembinaan karakter mahasiswa adalah habituasi (pembiasaan), modelling (teladan), tradisional (nasehat), Punishment (sanksi), reward (penghargaan), mujahadah (sungguh-sungguh terhadap upaya yang dilakukan) dan muraqabah (merasa diawasi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari)
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2001.
- Ginanjar, Ary. Rahasia Sukses Membangun kecerdasan Emosi dan Spiritual, Jakarta: Argha Publising. 2001.
- Hawi, Akmal. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
- Isna Aunillah, Nurla. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogyakarta: Laksana, 2011.
- Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter; Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
- Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Book, 1991.
- Lickona, Thomas. Educating for Charakter: Mendidik untuk Membentuk Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
- Manulang, Belferik. Kepemimpinan Pedagogis, Medan: Program Pascasarjana Unimed, 2006.
- Ryan, Kevin, dan Karen E. Bohallin, Bulding Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to life, San Fransisco: Josey Bass AbWiley Imprint, 1999.
- Simanjuntak, Membina dan Mengembangkan Generasi Muda, Bandung: Tarsito, 1990.
- Sudarminta, Pendidikan Moral Sekolah: Jalan Keluar Mengatasi Krisis Moral Bangsa, dalam Tonni D. Widiastono (ed), Pendidikan Manusia Indonesia, Jakarta: Yayasan Astra Indonesia dan Kompas, 2004.
- Sumantri, Endang. Seminar Nasional Pendidikan: Karakter Membangun Bangsa Beradab, Program studi Pendidikan Umum Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.
- Suyata, Pendidikan Karakter: “Dimensi Filosofis”, dalam Darmiyati Zuchaldi (ed) Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNY Press, 2011.
- Wahid, Muhammad dan Nur Tualeka. “Teologi Lingkungan Hidup dalam Perspektif Islam”, Progresiva vol. 1 (no. 5) 2011.
- Yafie, Ali. Merintis Fiqh Lingkungan Hidup. Jakarta: Ufuk Press, 2006 .
- Zainuddin, M. Pendidikan Islam dan Paradigma Klasik Hingga Kontemporer, (UIN Malang Press, Malang), 2009.
- Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.