Main Article Content

Abstract

Motivasi adalah . merupakan dorongan dasar yang menggerakan seseorang untuk bertingkah laku kearah suatu tujuan tertentu . Punk merupakan sekelompok individu yang berkumpul untuk memilih jalan hidup dengan kultur punk,bukan hanya pengamen, gelandangan, maupun pengemis. Motivasi anak punk dalam mengikuti pengajian keagamaan dikarenakan mereka merasa jenuh dengan kehidupan yang dijalani pada saat itu, sehingga mereka mulai berfikir jernih untuk keluar Adapun keluarga akan berdampak terhadap perkembangan psikis anak yang bisa berpengaruh pada pendidikan anak. Kepercayaan diri anak di dasari dengan pendidikan yang terdapat pada keluarga, dimana meliputi interaksi sosial anak kepada orang tua dan masyarakat sekitar. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengarui remaja masuk kedalam komunitas punk,juga untuk mengetahui motivasi anak punk dalam mengikuti pengajian keagamaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana metode ini merupakan metode penelitian yang memandang realitas sosial sebagai satu yang utuh, kompleks dinamis, penuh makna, dan hubungan gejala bersifat interaktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa alasan anak punk hijrah mengikuti pengajian keagamaan dikarenakan jenuh dengan kehidupan yang dia jalani saat itu, kehidupan dimana dia sangat jauh dengan ajaran islam, sehingga dia memutuskan untuk hijrah ke jalan yang seharus nya.

Keywords

Motivasi Anak Punk Mengikuti Pengajian Keagamaan

Article Details

How to Cite
Kiki. (2016). Motivasi Anak Punk Mengikuti Pengajian Keagamaan. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 176-188. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/3190

References

  1. Ahmad Miftah, Pendekatan Islam dalam Memahami Agama, (Pengantar Studi Islam, 2012)
  2. Takwin Bagus, Psikologi Naratif Membaca Sebagai Kisah, (Yogyakarta, 2011)
  3. Usman Sunyoto, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)
  4. Masqood Waris Ruqayyah, Mengantar Remaja ke Syurga, (Bandung, 2011)
  5. Sugiyati Siti, Fenomena Anak Punk dalam Perspektif Teori Michel Foucault, Agama dan Pendidikan, Skripsi Studi Kasus di Cipondoh (Tangerang, 2014)
  6. Wikan Daniar, Makna dan Ideologi Punk, Jurnal Dsain Komunikasi Visual dan Multimedia, Vol. 01 No. 02, 2015
  7. B.Uno Hamzah, Teori Motifasi dan Pengukurannya, (Jakarta, 2011)
  8. Manizar Elly., Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar, Jurnal Tadrib. Vol 1, 2015
  9. Due Yulia, Kehub Kultur Punk di Kota gorontal , Universitas Negeri Gorontalo, 2013
  10. Yani Rahman Aditya, Membedah Pemikiran Subkultur Punk Islam di Indonesia, (Sidoarjo, 2016)
  11. Wiraman Sarlito, Psikologi Sosial, Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan, (jakarta, 2010)