Main Article Content

Abstract

Pembelajaran Outdoor adalah suatu pembelajaran yang memanfaatkan kondisi di luar ruangan kelas. Pembelajaran ini memanfaatkan areal sekolah untuk dijadikan tempat belajar, oleh karenanya diharapkan dapat membuat suasana belajar lebih menyenangkan. Pendekatan ini berlandaskan pada pemikiran bahwa setiap tempat memiliki potensi untuk dijadikan tempat belajar, karena pembelajaran yang menyenangkan bisa lebih memotivasi siswa untuk dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan baik. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pembelajaran Outdoor dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas belajar siswa SMPN 8 Langsa, untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Outdoor terhadap motivasi dan kreativitas belajar siswa SMPN 8 Langsa serta untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi pembelajaran Outdoor dalam meningkatan motivasi dan kreativitas belajar siswa SMPN 8 Langsa. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu sebuah studi yang akan mengungkapkan, menguraikan, menemukan dan menggali informasi tentang “Penerapan Pembelajaran Outdoor Terhadap Peningkatan Motivasi dan Kreativitas Siswa SMPN 8 Langsa”. Sedangkan Teknik pengumpulan data peneliti memperoleh imformasi melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti dapati selama kegiatan ini yaitu Pembelajaran Outdoor banyak memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap motivasi dan kreativitas siswa. Hal ini ternyata dapat memberikan kebebasan pada siswa untuk berekspresi, siswa lebih kreatif baik itu pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa dalam belajar siswa lebih bersemangat, lebih nyaman, lebih kreatif dalam belajar, dan mereka suka untuk mencari hal-hal baru tidak hanya diam saja, lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya, dan mereka juga dapat belajar secara langsung melihat dan mengamati apa yang ada di sekitarnya.

Article Details

How to Cite
Jannatum, N. (2016). PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS SISWA DI SMPN 8 LANGSA. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 211-227. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/3193

References

  1. Moh. Suardi, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Deepulish, 2018
  2. Rahmad, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013, Yogyakarta: Bening Pustaka, 2019
  3. Mamik, Metodologi Kualitatif, Jakarta: Zifatama Publisher, 2015
  4. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, Cet. 6