Main Article Content

Abstract

Peran orang tua juga merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi semangat belajar anak terutama pada masa pandemic Covid-19 saat ini, dimana orang tua dituntut untuk lebih banyak membantu belajar anak untuk mencegah virus corona, namun dalam setiap peran orang tua tentunya memiliki masalah-masalah yang dihadapi, berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut dengan merumuskan masalah sebagai berikut: 1. Apa saja peran orang tua dalam membantu proses belajar anak pada masa pandemi Covid 19 di desa Benteng Kec. Birem Bayeun?, 2. Bagaimana cara orang tua dalam membantu proses belajar anak pada masa pandemic Covid 19 di desa Benteng Kec. Birem Bayeun?3. kendala apa saja yang dihadapi orang tua dalam membantu proses belajar anak pada masa pandemic Covid 19 di desa Benteng Kec. Birem Bayeun?. Adapun metode yang penulis gunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis field research (lapangan), teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi yaitu pengamatan langsung pada lokasi penelitian, selanjutnya wawancara yaitu melakukukan tanya jawab dengan informan yang penulis anggap benar-benar data yang menurut penulis dapat dijadikan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh peneliti menemukan bahwa Peran orang tua dalam membantu proses belajar anak selama pandemi Covid 19 yaitu, orang tua berperan sebagai pembimbing, pengasuh,pendidik, pengawas, motivator dan juga pendukung dalam proses belajar. Cara orang tua dalam membantu proses belajar anak selama pandemint Covid 19 di desa Benteng diantaranya : membuat jadwal belajar, menediakan waktu bersama, meningkatkan komunikasi baik dengan orang tua, guru dan teman, selain itu mendownload aplikasi edukasi yang bermanfaat bagi anak serta menambah wawasan. Adapun kendala yang dihadapi orang tua dalam membantu proses belajar anak selama pandemint Covid 19 di desa Benteng yaitu kurangnya pemahaman materi oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak karena harus bekerja, orang tua tidak sabar dalam mendampingi anak saat belajar dirumah, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan gadget, dan kendala terkait jangkauan layanan internet.

Article Details

How to Cite
Bustami, N. (2016). PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANTU PROSES BELAJAR ANAK DI DESA BENTENG KEC. BIREM BAYEUN. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 228-240. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/3194

References

  1. Anas Salahudin, Filsafat Pendidikan (Bandung: Pustaka Setia, 2011.
  2. Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Press, 2013.
  3. Rina Werdayanti, Nilai Boleh Biasa Mental Harus Juara, (Yogyakarta: Istana Media, 2015.
  4. Jalaluddin, Psikolog Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan PrinsipPrinsip Psikologi , (Jakarta: Rajawali Press, 2012.
  5. Mangun BudiyANT, Ilmu Pendidikan Islam¸(Yogyakarta: Ombak, 2013.
  6. Abdullah Muhammad Abdul Muthi, Anakku, Ayah & Bunda Sayang Kamu!, (Surabaya: Pustaka Yasir, 2015.
  7. Hening Hangesty Anurraga, “Peran Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi pada Program Home Visit di Homeschooling Sekolah Dolan Malang),” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 7, no. 3 (2019): 7.
  8. Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: PT. Rineka Cipta,2010.