Main Article Content
Abstract
Pimpinan atau kepala sekolah sebagai seorang pemimpin mempunyai andil yang cukup besar terhadap perkembangan dan peningkatan mutu sekolah,perkembangan dan kemajuan sekolah dapat di lihat dari kenerja pimpinan yang profesional serta pimpinan tersebut mampu memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Pimpinan juga dituntut untuk menerapkan kebijakan-kebijakan yang diharapkan dapat meningkatkan mutu sekolah atau TPA. Kebijakan sendiri merupakan suatu keputusan yang dipikirkan secara matang dan hati-hati oleh pengambilan keputusan puncak dan bukan kegiatan-kegiatan berulang dan rutin yang terprogram atau terkait dengan aturan-aturan keputusan. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan dan memperoleh gambaran tentang Kebijakan Pimpinan dalam Meningkatkan Mutu pendidikan di TPA di Miftahul Nura Desa Rantau Panjang. Fokus penelitian ini meliputi Bagaimana keadaan Mutu Pendidikan Di TPA Miftahul Nura Desa Rantau Panjang, faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, dengan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menggungkapkan Kebijakan- kebijakan yang diterapkan oleh Pimpinan TPA Miftahul Nura Desa Rantau Panjang Kecamatan Karang Baru Aceh Tamiang adalah Menciptakan taman bermain belajar, menerima siswa baru tanpa seleksi, melibatkan orang tua siswa dalam memantau perkembangan anak melalui buku laporan mengaji dan sholat, memberikan hukuman ringan sebagai efek jera, menjalin hubungan dengan desa sebagai kerjasama, melibatkan guru terhadap perkembangan anak Adapun faktor pendukung nya adalah peserta didik yang aktif, dukungan dari orang tua siswa, guru yang kreatif dalam proses belajar mengajar, adanya dukungan dari Instansi Pemerintahan Desa setempat serta dukungan dari masyarakat sekitar. Dan yang menjadi faktor penghambat adalah kurangnya tenaga pengajar, kurangnya fasilitas sarana dan prasarana, kurangnya perhatian dari pimpinan, kurangnya pendanaan serta minimnya perhatian dari Dinas Pendidikan Kota dan Provinsi. Upaya pimpinan meningkatkan mutu pendidikan belum begitu baik, hal ini dapat terlihat bagaimana pimpinan TPA Miftahul Nura kurang memperhatikan perkembangan mutu pendidikan yang ada di TPA tersebut, pimpinan TPA lebih banyak membebankan mutu pendidikan kepada guru serta minimnya usaha pimpinan untuk menjalin hubungan dengan Dinas Pendidikan Kota Aceh Tamiang
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Rizky Syahputra, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Langsa
- Dr. Razali, MM, Dosen Pembimbing Program Studi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Langsa
- Muhammad Nuh Rasyid, MA, , Dosen Pembimbing Program Studi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Langsa
- Sagala, Manajemen Strategik dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2011)
- Syafaruddin, Efektivitas Kebijakan Pendidikan, (Jakarta: PT Rineka Cipta,2008)
- Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: P.T. Bumi Aksara, 2012)
- Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakrya, 2002)
- Sudjiono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Remaja Grafindo Persada, 2000)
- Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung: C.V. Alfabeta, 2011)
- S. Margon, Metodelogi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: P.T. Rineka Cipta, 2015)
- Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)