Main Article Content

Abstract

Bahasa Arab memiliki tempat istimewa dalam Agama Islam karena kitab suci agama yang mulia ini menggunanakan Bahasa Arab. Bahasa Arab sebagai Bahasa Al-Qur’an dan Hadits tentulah tidak hanya dipakai oleh orang arab saja, melainkan oleh semua umat muslim di dunia untuk mendalami agama mereka. Bahasa ini menjadi salah satu mata pelajaran wajib di sekolah- sekolah dan dayah-dayah di Indonesia. Selain sebagai mata pelajaran, Bahasa Arab juga berkembang menjadi mata kuliah dan salah satu konsentrasi ilmu pada Perguruan-perguruan Tinggi Agama Islam di negeri ini. Tulisan ini membahas tentang kedudukan Bahasa arab sebagai Bahasa agama dan buku-buku teks berbahasa Arab sebagai referensi utama ilmu-ilmu agama dalam pendidikan, terutama pendidikan Agama Islam.  Kemudian optimalisasi penggunaan Bahasa Arab dan buku buku teks berbahasa Arab pada pengajaran dan pendidikan di Perguruan Tinggi Agama Islam. Pemahaman yang baik terhadap kedudukan Bahasa Arab akan menjadikan para pendidik, terutama di Perguruan-Perguruan Tinggi untuk memaksimalkan penggunaan buku-buku teks berbahasa Arab sebagai referensi utama dalam pelaksanaan pengajaran dan pendidikan baik di kampus maupun di luar kampus.

Article Details

Author Biography

Fuji Astuti, The State Institute For Islamic Studies Langsa

The State Institute For Islamic Studies Langsa

How to Cite
Astuti, F. (2017). OPTIMALISASI PENGGUNAAN “MARAAJI’ ARABIYAH” DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 102 - 112. Retrieved from https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/59