Main Article Content

Abstract

Fenomena program tahfidz Al-Quran berkembang pesat di berbagai lembaga pendidikan. Rendahnya hafalan siswa perlu mendapatkan tindakan yang sesuai. Penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode 3T1M sebagai tindakan terhadap permasalahan siswa dan mengetahui pengingkatan hafalan Al-Quran siswa setelah proses penerapan tindakan pada program tahfidz di Mesjid Istiqamah Gampong Teungoh Kota Langsa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan instrument tes hafalan dengan 11 indikator penilaian. Berdasarkan analisis data, maka penerapan metode 3T1M (Talqin, Tikrar, Tasmi’ dan Murajaah) pada program tahfidz di Mesjid Istiqamah Gampong Teungoh Kota Langsa dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan selama 2 siklus. Permasalahan pada siklus I yaitu siswa masih belum sepenuhnya memahami bagaimana proses pembelajaran menggunakan metode 3T1M ini sehingga nilai yang diperoleh rata-rata siswa belum mencukupi ketuntasan minimum, oleh karena itu perlu dilakukan siklus II. Pada siklus II, peneliti dan siswa sudah mampu menguasai pembelajaran dengan menggunakan metode 3T1M ini sehingga nilai rata-rata yang diperoleh sudah melebihi batas ketuntasan minimum. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan metode 3T1M pada program tahfidz di Mesjid Istiqamah Gampong Teungoh Kota Langsa berdampak pada peningkatan hafalan siswa.

Keywords

Increased Memorization, 3T1M Method

Article Details

How to Cite
Fadilla, K., Sabri, H., & Z, S. (2024). Peningkatan Hafalan Siswa Dengan Metode 3T1M. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 25-36. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v11i1.8612

References

  1. Ahyat, Nur. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” EDUSIANA : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 24–31.
  2. Arrohim, Miftahul Hida, Sunarto, and Fathor Rahim. “Efektivitas Metode 3T + 1M Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Qur ’ an Hadis.” Gunung Djati Conference Series 10 (2022): 464–74.
  3. Cahyani, Nadia Saphira, Neila Sakinah, and Nur Nafisatul Fithriyah. “Efektivitas Tahfidh Dan Tahsin Al-Quran Pada Masyarakat Di Indonesia.” Islamic Insights Journal 2, no. 02 (2020): 95–100.
  4. Huda, M Nurul. “Budaya Menghafal Al-Quran Motivasi Dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas.” Sukma: Jurnal Pendidikan 2, no. 2 (2018): 247–60.
  5. Khairiah, Anisatul. “Efektivitas Penggunaan Media Permainan Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Pada Materi Ekonomi.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.
  6. Ma’mun, Muhammad Aman. “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.” Annaba : Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2018): 53–62.