Main Article Content

Abstract

Pembelajaran matematika memerlukan strategi dan media belajar yang tepat yang salah satunya strategi peer lesson dengan media kartu agar hasil belajar matematika siswa menjadi optimal. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan strategi peer lesson dengan media kartu yang dapat meningkatkan hasil belajar operasi aljabar. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 32 siswa dari kelas VIII SMPN 1 Aceh Besar. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas guru dan aktivitas siswa melalui strategi peer lesson dengan media kartu. Hasil belajar operasi aljabar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 12% dan rerata tes akhir sebesar 93,75%. Disimpulkan bahwa strategi peer lesson dengan media kartu dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar operasi aljabar.


Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Operasi Aljabar, Strategi Peer Lesson, Media Kartu


Mathematics learning requires the right strategy and learning media, one of which is the peer lesson strategy with card media so that students' mathematics learning outcomes become optimal. The purpose of this study is to describe the peer lesson strategy with card media that can improve the learning outcomes of algebraic operations. The design of this study is classroom action research through four stages, namely the stages of planning, implementation, observation and reflection. The subjects of the study were 32 students from class VIII of SMPN 1 Aceh Besar. The research instrument used observation sheets and test results. Data analysis using descriptive statistical analysis. The results showed that there was an increase in teacher activity and student activities through peer lesson strategies with card media. The learning outcomes of algebraic operations increased from cycle I to cycle II by 12% and the average final test was 93.75%. It was concluded that the peer lesson strategy with card media could increase the activity of teachers and students as well as the results of learning algebraic operations. 


Key words: Mathematics Learning Outcomes, Algebraic Operations, Peer Lesson Strategies, Card Media

Keywords

Hasil Belajar Matematika; Operasi Aljabar; Strategi Peer Lesson; Media Kartu

Article Details

How to Cite
Nuralam, N., & Juslinda, E. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI ALJABAR MELALUI STRATEGI PEER LESSON DENGAN MEDIA KARTU SISWA SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2), 1-11. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1160

References

  1. Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, & Supardi. (2006). Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
  3. Eggen, P.D., & Kaucak. (1979). Strategies for Teachers Teaching Content and Thinking Skill. New Jersey: Prentice Hall.
  4. Gagne, Robert. (1983). The Condition of Learning. Japan: Holt Saunders.
  5. Mulasiwi, Cut Misni., Susilaningsih & Sumaryati, Sri. (2013). Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi melalui strategi peer lessons dengan media ular tangga, jupe uns, 1(1), 1-14. Tersedia: https://eprints.uns.ac.id/1629/1/2128-4798-1-sm.pdf
  6. Nuralam dan Gadeng, Tarmizi. (2018). Kualitas Hasil Belajar Statistika Siswa MTs yang dibelajarkan dengan Pendekatan Problem Posing. Suska Journal of Mathematics Education. (4)2, 88-99. Tersedia: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/5744
  7. Relita Dessy, Triana., Marganingsih, Anna, & Ningsih, Utari Ulmi Hayati. (2017). Penerapan strategi pembelajaran akt tipe peer lessons terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sosio didaktika: social science education journal, 4 (2), 1-12. Tersedia: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/sosio-fitk
  8. Russeffendi, E.T. (2005). Dasar-Dasar Matematika. Bandung: Tarsito.
  9. Sanjaya, Wina. (2007). StrategiPembelajaran. Jakarta: Kencana.
  10. Silberman, Melvin L. (2009). Active Learning 101 Cara BelajarAktif. Jakarta: Pustaka Insani Madani
  11. Slavin, Robert. (1994). Educational Psychology: Theories and Practice. Fourth Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon Publishers.
  12. Sudjana, Nana (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  13. Suherman, Erman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
  14. Sunarto dan Hartono, B. Agung. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  15. Zaini, Hisyam. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD UIN Sunan Kalijaga.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'