Main Article Content

Abstract

Penelitian kuantitatif ini dilakukan untuk melihat adanya pengaruh komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa sekolah menengah pertama kelas 9.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode korelasi yang diambil sampel yaitu siswa kelas XI SMP Negeri 11 Cilegon berjumlah 27 siswa. Pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Pengambilan data pada kemampuan komunikasi matematis dikumpulkan dengan angket dan kemampuan pemecahan masalah menggunakan tes essay. Setelah didapatkan datanya maka dianalisis dengan uji regresi yang diuji dahulu dengan uji prasyarat (uji normalitas). Hasil analisis data menunjukan tidak ada pengaruh signifikan antara kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah. Dan tingkat pengaruh kemampuan komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah 5.9%

Keywords

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Article Details

How to Cite
Fitri, P. R., & Pujiastuti, H. (2020). PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP KELAS 9. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 1-6. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1672

References

  1. Juanda, M., Johar, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SMP melalui model pembelajaran Means-ends Analysis ( MeA ). Kreano, 5(November), 105–113.
  2. Wulandari, I. A. D., Suarsana, I. M., & Pujawan, I. Gu. N. (2018). Model pembelajaran kooperatif talking stick , mind mapping , dan kemampuan komunikasi matematis. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 82–93.
  3. Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keyakinan matematis siswa. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 155–166.
  4. Prabawanto, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah komunikasi dan self-efficancy matematis mahasiswa melalui metacognitive dcaffolding.Unpublished Thesis.
  5. Ismuniati. (2019). Pengaruh komunikasi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.Unpublished Thesis. Mataram : Universitas Islam Negeri Mataram
  6. Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.
  7. Karlimah. (2010). Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan, 11(4), 51–60.
  8. Siti, F., Syarifah, D., Nuraidah, S., Lexbin, M., Judah, E., & Maya, R. (2018). Analisis pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 201–206.
  9. Husna, M.Ikhsan, & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share(TPS). Jurnal Peluang, 1(April), 81–92.
  10. Estiningrum, T., Hidayati, D. W., & Wahyuni, A. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui implementasi pogil ditinjau dari gaya kognitif. 3(2), 69–75.