Main Article Content
Abstract
Penelitian kuantitatif ini dilakukan untuk melihat adanya pengaruh komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa sekolah menengah pertama kelas 9. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode korelasi yang diambil sampel yaitu siswa kelas XI SMP Negeri 11 Cilegon berjumlah 27 siswa. Pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Pengambilan data pada kemampuan komunikasi matematis dikumpulkan dengan angket dan kemampuan pemecahan masalah menggunakan tes essay. Setelah didapatkan datanya maka dianalisis dengan uji regresi yang diuji dahulu dengan uji prasyarat (uji normalitas). Hasil analisis data menunjukan tidak ada pengaruh signifikan antara kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah. Dan tingkat pengaruh kemampuan komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah 5.9%
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Juanda, M., Johar, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SMP melalui model pembelajaran Means-ends Analysis ( MeA ). Kreano, 5(November), 105–113.
- Wulandari, I. A. D., Suarsana, I. M., & Pujawan, I. Gu. N. (2018). Model pembelajaran kooperatif talking stick , mind mapping , dan kemampuan komunikasi matematis. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 82–93.
- Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keyakinan matematis siswa. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 155–166.
- Prabawanto, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah komunikasi dan self-efficancy matematis mahasiswa melalui metacognitive dcaffolding.Unpublished Thesis.
- Ismuniati. (2019). Pengaruh komunikasi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.Unpublished Thesis. Mataram : Universitas Islam Negeri Mataram
- Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.
- Karlimah. (2010). Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan, 11(4), 51–60.
- Siti, F., Syarifah, D., Nuraidah, S., Lexbin, M., Judah, E., & Maya, R. (2018). Analisis pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 201–206.
- Husna, M.Ikhsan, & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share(TPS). Jurnal Peluang, 1(April), 81–92.
- Estiningrum, T., Hidayati, D. W., & Wahyuni, A. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui implementasi pogil ditinjau dari gaya kognitif. 3(2), 69–75.