Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pendekatan RME berbasis budaya Aceh terhadap peningkatan hasil belajar matematika dan aktivitas siswa. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif dengan menggunakan deskriptif dan statistik inferensial. Desain penelitian ini berbentuk pre-test post-test control group design, dengan populasi seluruh siswa kelas II SD Negeri 2 Kota Lhokseumawe, dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksprimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan dua jenis instrumen yaitu tes dan non tes. Tes meliputi soal untuk mengukur hasil belajar matematika siswa, dan non-tes berupa  data observer terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran matematika realistik berbasis budaya Aceh. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial ANOVA dua jalur. Sebelum ANOVA dua jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas dengan taraf signifikan 5%. Untuk melihat adanya pengaruh peningkatan hasil belajar matematika siswa antara kelompok pemebelajaran matematika realistik berbasis budaya Aceh dengan kelompok konvensional digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa 1) Peningkatan hasil belajar matematika siswa yang memperoleh pedekatan pembelajaran matematika realistik berbasis budaya Aceh lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran biasa / konvensional. (2)Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal yang dimiliki siswa (3)  Aktivitas siswa dengan pembelajaran matematika realistik berbasis budaya Aceh lebih aktif dan meningkat serta siswa memberi respon positif.

Keywords

PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BUDAYA ACEH HASIL BELAJAR AKTIVITAS SISWA

Article Details

How to Cite
Azmi, N. (2020). PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS BUDAYA ACEH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 37-43. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1756

References

  1. Afgani, J. (2011) . Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
  2. Akdon. (2008). Aplikasi Statistika Dan Metode Penelitian Untuk Administrasi Dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
  4. Azmi, N (2018).Realistic Mathematics Education based on Acehnese Culture: One Way to Improve Problem Solving Ability of Elementary School Students. Prociding pada South East Asia Design research International Conference. 27 – 28 june ,Banda Aceh
  5. Djamarah dan Zain. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka
  6. De Lange, Jzn . (1996) Mathematics, Insight and Meaning. Nederlands.
  7. Erman, S. H. (2003) Evaluasi Pembelajaran Matematika.Bandung : UPI
  8. Gravemeijer ,K.1994. Developing Realistik Mathematics Education.(Utrecht : Freudenthal Institute
  9. Johar, Rahmah dan Afrina. M (2011). The Teachers’ Efforts to Encourage the Students’ Strategies to Find the Solution of Fraction Problem in Banda Aceh. Makalah disajikan pada International Conference of school Effectiveness and Improvement (ICSEI) at Limassol, Cyprus , 4 s.d 7 januari 2011
  10. Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama
  11. Mulyono. (2004). Melalui PMRI Penghargaan Kepada Siswa Terbentuk. Buletin PMRI. Edisi Kelima – Oktober hal.3.
  12. Marpaung, Y. 2004. Reformasi Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar.
  13. Sembiring, R. Dkk A .2010. Decade of PMRI in Indonesia.Bandung : Utrecht
  14. Sinta Armalita dan Yuriani. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII Jurusan Tata Boga di SMK Negeri 4 dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Teknik Boga,Universitas Negeri Yogyakarta
  15. Sudjana, 2005 Metode Statistika. Bandung: Tarsito
  16. Susanto.A. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya”. Jakarta:Kencana Prenada Media Group
  17. Sri Anitah dan Janet Trineke, Strategi Pembelajaran Matematika, (Jakarta: UT . 2007),h.7
  18. Streefland .L .Realistic Mathematics Education in Primary School . Freudenthal institute : The Netherland
  19. Suryadi, D. 2012. Membangung Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizkqi Press
  20. Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pedagogia.