Main Article Content

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika serta aktifitas guru dan siswa merupakan suatu masalah yang mendasar di SMAN 1 Blangkejeren. Hal ini disebabkan proses belajar mengajar di kelas masih kurang diarahkan pada kegiatan-kegiatan yang mendorong siswa belajar aktif, dan kurangnya siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Take and Give pada materi reasi dan fungsi di SMAN 1 Blangkejeren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah  31 siswa SMAN 1 Blangkejeren. Skor persentase yang diperoleh dari hasil tes akhir siklus I belum sesuai dengan kriteria hasil yang ditetapkan pada siklus yaitu hanya 45,16% yang mendapat nilai ≥ 65, sedangkan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti dan siswa diperoleh 77%, hasil yang belum mencapai kriteria ini mengharuskan peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II berdasarkan hasil tes telah mencapai 90,32% dan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti dan siswa juga sudah mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu 93%. Jadi berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAKE GIVE RELASI FUNGSI BLANGKEJEREN

Article Details

How to Cite
Masiah, H. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA RELASI DAN FUNGSI SMAN 1 BLANGKEJEREN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 44-49. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1773