Main Article Content

Abstract

Abstrak


Perlunya melakukan sebuah inovasi untuk menunjang pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan yaitu melalui media pembelajaran. Media pembelajaran dapat digunakan untuk membangun semangat dan motivasi belajar peserta didik yang dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan penggunaan Kahooot pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan merevieu semua artikel terkait aplikasi Kahoot yang diterbitkan dalam kurun waktu 2012-2020. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanayak 27 artikel jurnal nasional terakreditasi yang diperoleh dari database Google Schoolar menggunakan aplikasi Publish atau  Perish. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa Kahoot dapat meningkatkan hasil, semangat belajar dan keefektifan peserta didik dalam pembelajaran matematika.


Kata kunci: Kahoot, Pembelajaran Matematika, Systematic Literature Review

Keywords

Kahoot Mathematics Learning Pembelajaran Matematika Systematic Literature Review

Article Details

How to Cite
Putra, A., & Afrilia, K. (2020). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENGGUNAAN KAHOOT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110-122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127

References

  1. Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
  2. Afifah, D. S. N. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 145. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37
  3. Alessandro, B. (2018). Digital skills and competence, and digital and online learning. In TurinEuropean Training Foundation. Retrieved from https://www.etf.europa.eu/sites/default/files/2018-10/DSC and DOL_0.pdf
  4. Alfansyur, A., & Mariyani. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis Ict “Kahoot” Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10118
  5. Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069
  6. Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677
  7. Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684
  8. Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di Sdn-7 Bukit Tunggal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi Ii, 1(1), 124–133.
  9. Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
  10. Fauzan, R. (2019). Pemanfaatan Gamification Kahoot.it Sebagai Enrichment Kemampuan Berfikir Historis Mahasiswa pada Mata Kuliah Sejarah Kolonialisme Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1), 257. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5764
  11. Faznur, L. S., Khaerunnisa, & Sumardi, A. (2012). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru SMA di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.39-44
  12. Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal HAsil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
  13. Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 496–503.
  14. Hasanah, Q. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Whastapp sebagai Media E-Learning Masa Covid-19 pada Mata Kuliah Biomolekul dan Metabolisme di Tadris IPA IAIN Bengkulu. Indonesia Science Education Jurnal, 1(3), 225–236.
  15. Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh Media Kahoot Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 47. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jieet/article/view/5086/pdf
  16. Irwan. (2019). Implementasi Kahoot Sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, 2(2), 126–140. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
  17. Ismail, M. A.-A., & Mohammad, J. A.-M. (2017). Kahoot: A Promising Tool for Formative Assessment in Medical Education. Education in Medicine Journal, 9(2), 19–26. https://doi.org/10.21315/eimj2017.9.2.2
  18. Iwamoto, D. H., Hargis, J., Taitano, E. J., & Vuong, K. (2017). Analyzing the efficacy of the testing effect using KahootTM on student performance. Turkish Online Journal of Distance Education, 18(2), 80–93.
  19. Izzati, M., & Kuswanto, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Blanded Learning berbantuan Kahoot terhadap Motivasi dan Kemandirian Siswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 65–75. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1656