Main Article Content
Abstract
Abstrak
Perlunya melakukan sebuah inovasi untuk menunjang pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan yaitu melalui media pembelajaran. Media pembelajaran dapat digunakan untuk membangun semangat dan motivasi belajar peserta didik yang dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan penggunaan Kahooot pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan merevieu semua artikel terkait aplikasi Kahoot yang diterbitkan dalam kurun waktu 2012-2020. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanayak 27 artikel jurnal nasional terakreditasi yang diperoleh dari database Google Schoolar menggunakan aplikasi Publish atau Perish. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa Kahoot dapat meningkatkan hasil, semangat belajar dan keefektifan peserta didik dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: Kahoot, Pembelajaran Matematika, Systematic Literature Review
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
- Afifah, D. S. N. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 145. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37
- Alessandro, B. (2018). Digital skills and competence, and digital and online learning. In TurinEuropean Training Foundation. Retrieved from https://www.etf.europa.eu/sites/default/files/2018-10/DSC and DOL_0.pdf
- Alfansyur, A., & Mariyani. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis Ict “Kahoot†Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10118
- Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069
- Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677
- Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7684
- Centauri, B. (2019). Efektivitas Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif Di Sdn-7 Bukit Tunggal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi Ii, 1(1), 124–133.
- Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
- Fauzan, R. (2019). Pemanfaatan Gamification Kahoot.it Sebagai Enrichment Kemampuan Berfikir Historis Mahasiswa pada Mata Kuliah Sejarah Kolonialisme Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1), 257. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5764
- Faznur, L. S., Khaerunnisa, & Sumardi, A. (2012). Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Guru SMA di Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.39-44
- Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal HAsil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
- Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 496–503.
- Hasanah, Q. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Whastapp sebagai Media E-Learning Masa Covid-19 pada Mata Kuliah Biomolekul dan Metabolisme di Tadris IPA IAIN Bengkulu. Indonesia Science Education Jurnal, 1(3), 225–236.
- Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh Media Kahoot Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Information Engineering and Educational Technology, 3(1), 47. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jieet/article/view/5086/pdf
- Irwan. (2019). Implementasi Kahoot Sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, 2(2), 126–140. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
- Ismail, M. A.-A., & Mohammad, J. A.-M. (2017). Kahoot: A Promising Tool for Formative Assessment in Medical Education. Education in Medicine Journal, 9(2), 19–26. https://doi.org/10.21315/eimj2017.9.2.2
- Iwamoto, D. H., Hargis, J., Taitano, E. J., & Vuong, K. (2017). Analyzing the efficacy of the testing effect using KahootTM on student performance. Turkish Online Journal of Distance Education, 18(2), 80–93.
- Izzati, M., & Kuswanto, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Blanded Learning berbantuan Kahoot terhadap Motivasi dan Kemandirian Siswa. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 65–75. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1656