Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan ketuntasan hasil belajar siswa serta respon siswa setelah dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas VIII MTsS Lhong Raya Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sedangkan desain yang digunakan adalah one-grup pretest-postted design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Lhong Raya Banda Aceh dan siswa kelas VIII1 sebagai sampelnya. Data dikumpulkan melalui tes dan angket yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t, persentase, dan skala Likert. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL pada materi bangun ruan sisi datar di kelas VIII MTsS Lhong Raya Banda Aceh; (2) ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal, yaitu sebesar 90,1%; dan (3) respon siswa terhadap model pembelajaran PBL berada dalam kategori sangat positif. Adapun hal yang perlu direkomendasikan adalah pada tahap orientasi siswa terhadap masalah, sebaiknya menggunakan masalah yang sangat dekat dengan lingkungan siswa dan masalah yang diberikan sesuai dengan taraf berpikir ataupun level kognitif siswa, sehingga motivasi siswa untuk membuat hipotesis, menyelidiki, dan menyelesaikan masalah yang diberikan akan lebih tinggi serta waktu untuk penerapan model pembelajaran PBL lebih efesien
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Adnan, S., Juniati, D., & Sulaiman, R. (2019). The Students’ Mathematical Representasion in Geometry Problem Solving Based Sex Differences. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 184-187.
- Arends, R. (1997). Clasroom Instructional Management. New York: The McGraw-Hill Company.
- Felder, R. M., & Brent, R. (2005). Understanding Student Differences. Journal of Engineering Education, 94(1), 57-72. doi:10.1002/j.2168-9830.2005.tb00829.x
- Halat, E. (2006). Sex-related Differences In the Acquisition of the Van Hiele Levels and Motivation in Learning Geometry. Asia Pacific Education Review, 7 (2), 173-183.
- Mahmudi, A. (2016). Memberdayakan Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Kompetensi Masa Depan. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (pp. 1-6). Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
- NCTM. (2000). Prinsiples and Standards for School Mathematics. Reston: National Council of Teachers of Mathematics.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Ratumanan, T. G. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press.
- Roslina., & Asri, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Materi Kubus pada Peserta Didik SMP Negeri 9 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah integritas, 2(1), 190-198.
- Ruseffendi, E. T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
- Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38. doi: http://dx.doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
- Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A.(2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa, 6(2), 287-298.
- Van De Walle, J. A. (2001). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. Boston: Allyn and Bacon.
- Wahidmurni., Mustikawan, A., & Ridho, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik, Yogyakarta: Nuha Letera
- Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan. (2016). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 42-58. doi: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.1.3278.42-57