Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika berdasarkan tahap pemecahan masalah Polya. Subjek penelitian ini sebanyak 23 siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Bululawang. Data dikumpulkan dengan tes tulis dan pedoman wawancara semiterstruktur. Tes untuk menjaring kesulitan penyelesaian soal, sedangkan wawancara menggali secara mendalam kesulitan siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam  (1) memahami makna kalimat yang digunakan untuk menyatakan masalah dan mengubah soal cerita menjadi kalimat matematika; (2) menentukan hubungan antara unsur yang diketahui dan ditanya; (3) kesulitan dalam mengimplementasikan unsur diketahui dan ditanya ke dalam rumus; (4) membuat kesimpulan.


Kata kunci: Analisis Kesulitan, Soal Cerita, Statistika

Keywords

Analisis Kesulitan, Soal Cerita, Statistika

Article Details

How to Cite
Kraeng, Y. F. (2021). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI STATISTIKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 72-80. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2366

References

  1. Aminah., & Kurniawati, K, R. A. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik pecahan ditinjau dari gender. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118-122.
  2. Anggraini, D.F. (2018). Analisis pemecahan masalah berbasis Polya pada materi perkalian vektor ditinjau dari gaya belajar. Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 91-99. https://doi.org/10.33477/mp.v6il.448
  3. Ardiyanti, S.A., & Farihah, U. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi teorema pythagoras ditinjau dari pemecahan masalah Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 389-398.
  4. Azis. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika kelas VIII. Jurnal Akademika Pendidikan Matematika, 5(1), 64-72.
  5. Baiduri. (2015). Pengaruh tahapan Polya dalam pemecahan masalah terhadap ketuntasan belajar geometri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 41–48.
  6. Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
  7. Hendriana, H., & Soemarno, U. (2017). Penelitian pembelajaran matematika. Bandung: PT Refika Aditama
  8. Hidayah, N., Budiman, M, A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis kesulitan siswa kelas V dalam memecahkan masalah matematika pada materi operasi hitung pecahan. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 46-51.
  9. Karmilah. (2010). Pengembangan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah serta disposisi matematika mahasiswa PGSD melalui pembelajaran berbasis masalah. In Seminar Nasional FMIPA-UT. Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/2417/
  10. Nugroho, R. A., & Sutarni, S. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan ditinjau dari pemecahan masalah Polya.Electronic Thesis and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  11. OECD. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. OECD
  12. Primanto, Y., Anwar, M, F., & Bernard, M. (2020). Analisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi barisan dan deret dengan langkah-langkah Polya. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371-384.
  13. Rasiman., & Asmarani, F. (2016). Analisis kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 195-201.
  14. Raudho, Z., Handayani, T., & Syutaridho. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah soal pytagoras berdasarkan langkah-langkah Polya. Suska Journal Of Mathematics Education, 6(2), 101-110.
  15. Tias, A, A, W., & Wutsqa, D, U. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas XII IPA di kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 28-39.
  16. Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta
  17. Tello, E. A. (2010). Making mathematics word problems reliable measures of student mathematics abilities. Journal of Mathematics Education, 3(1), 15–26
  18. Yuwono, T., Supanggih, M., Ferdiani, R, D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'