Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika berdasarkan tahap pemecahan masalah Polya. Subjek penelitian ini sebanyak 23 siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Bululawang. Data dikumpulkan dengan tes tulis dan pedoman wawancara semiterstruktur. Tes untuk menjaring kesulitan penyelesaian soal, sedangkan wawancara menggali secara mendalam kesulitan siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam (1) memahami makna kalimat yang digunakan untuk menyatakan masalah dan mengubah soal cerita menjadi kalimat matematika; (2) menentukan hubungan antara unsur yang diketahui dan ditanya; (3) kesulitan dalam mengimplementasikan unsur diketahui dan ditanya ke dalam rumus; (4) membuat kesimpulan.
Kata kunci: Analisis Kesulitan, Soal Cerita, Statistika
Keywords
Article Details
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)
References
- Aminah., & Kurniawati, K, R. A. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik pecahan ditinjau dari gender. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118-122.
- Anggraini, D.F. (2018). Analisis pemecahan masalah berbasis Polya pada materi perkalian vektor ditinjau dari gaya belajar. Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 91-99. https://doi.org/10.33477/mp.v6il.448
- Ardiyanti, S.A., & Farihah, U. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi teorema pythagoras ditinjau dari pemecahan masalah Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 389-398.
- Azis. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika kelas VIII. Jurnal Akademika Pendidikan Matematika, 5(1), 64-72.
- Baiduri. (2015). Pengaruh tahapan Polya dalam pemecahan masalah terhadap ketuntasan belajar geometri siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 41–48.
- Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
- Hendriana, H., & Soemarno, U. (2017). Penelitian pembelajaran matematika. Bandung: PT Refika Aditama
- Hidayah, N., Budiman, M, A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis kesulitan siswa kelas V dalam memecahkan masalah matematika pada materi operasi hitung pecahan. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 46-51.
- Karmilah. (2010). Pengembangan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah serta disposisi matematika mahasiswa PGSD melalui pembelajaran berbasis masalah. In Seminar Nasional FMIPA-UT. Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/2417/
- Nugroho, R. A., & Sutarni, S. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan ditinjau dari pemecahan masalah Polya.Electronic Thesis and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- OECD. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. OECD
- Primanto, Y., Anwar, M, F., & Bernard, M. (2020). Analisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi barisan dan deret dengan langkah-langkah Polya. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371-384.
- Rasiman., & Asmarani, F. (2016). Analisis kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 195-201.
- Raudho, Z., Handayani, T., & Syutaridho. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah soal pytagoras berdasarkan langkah-langkah Polya. Suska Journal Of Mathematics Education, 6(2), 101-110.
- Tias, A, A, W., & Wutsqa, D, U. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas XII IPA di kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 28-39.
- Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta
- Tello, E. A. (2010). Making mathematics word problems reliable measures of student mathematics abilities. Journal of Mathematics Education, 3(1), 15–26
- Yuwono, T., Supanggih, M., Ferdiani, R, D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.